PP

TIPS Agar Anak Tumbuh Sehat dan Tinggi

Jika dibandingkan, tinggi tubuh rata-rata orang Indonesia masih berada di bawah tinggi tubuh penduduk negara Asia lain seperti Cina, Jepang, bahkan Arab. Series, Jeng? Iyes, beneran, lho. Menurut hasil survey sebuah penelitian, yang jelas bukan saya yang bikin penelitian, tinggi tubuh orang Indonesia berada di kisaran 158 cm. Masih kalah tinggi dibanding tinggi rata-rata orang Vietnam dan Filipina yang mencapai 162 cm.

Nggak bisa dipungkiri, yang namanya faktor genetik pastinya menjadi salah satu faktor penyebab kenapa tinggi tubuh kita, orang Indonesia ini, nggak seberapa menjulang.  Ya udah lah ya, kalo kita dan pasangan aja tinggi cuma 1,6 meter doang. Bapak ibu kita tingginya juga segituan. Nggak usah ngarep punya anak yang tingginya  1,8 meteran kayak rata-rata bule Belanda. Impossible Cyn! Impossible! Biarpun selama hamil emaknya makan keju dan roti sampe overdosis, nggak bakalan tinggi anaknya nanti bisa kayak bule. Eh, bisa sih. Kalo tiba-tiba Tuhan berbaik hati ngasih anugrah tinggi badan bak model ke anak kita. Hihihihihihi.....

Tapiiii, gimana-gimana, sebagai ibu, kita tetep harus berusaha supaya anak-anak yang kita lahirkan dan kita besarkan nanti bisa tumbuh sehat dan tentunya bisa mencapai tinggi badan yang optimal. Teman-temin pasti sependapat dengan saya,  walopun keturunan pendek, ya kalo bisa anaknya jangan boncel-boncel amat. Sukur-sukur lebih tinggi dikit dari bapak ibunya, khan. Gimana caranya? Banyak! Tapi salah satu cara yang menurut saya lumayan ngaruh adalah dengan cara rajin minum susu selama kehamilan. Ibunya, Pak! Ibunya! Bapak nggak perlu ikutan minum susu bumil!




Minum susu selama kehamilan memiliki banyak keuntungan. Tidak hanya untuk ibu hamil melainkan juga untuk bayi mereka saat berada di kandungan maupun setelah lahir nanti.  Menurut penelitian, ibu yang minum susu sebanyak 150 ml setiap hari akan memiliki anak yang rata-rata bertubuh lebih tinggi 3,8 cm dibandingkan dengan ibu yang tidak minum susu. Untuk ukuran bayi, selisih tinggi segitu lumayan signifikan, lho. 

Harga susu ibu hamil yang dianggap yang dianggap mahal adalah salah satu penyebab mengapa banyak masyarakat Indonesia yang tidak minum susu selama kehamilan. Sebenernya nggak semua susu ibu hamil itu mahal. Ada kok beberapa brand yang meluncurkan produk susu ibu hamil yang harganya relatif murah dan lebih terjangkau. Dan nggak perlu khawatir dengan kualitasnya. Pokoknya kita selektif aja, jeng. Tetep perhatiin komposisinya, apakah memenuhi syarat gizi dan kebutuhan nutrisi serta mineral harian. 

Masih ragu untuk minum susu ibu hamil? Berikut beberapa informasi yang berhasil saya kumpulin mengenai manfaat yang didapat apabila ibu rajin minum susu selama kehamilan:
        Membuat tulang dan gigi anak lebih sehat dan lebih kuat
        Membuat tulang dan gigi Ibu tidak mudah mengalami pengeroposan karena kebutuhan kalsium telah dipenuhi melalui susu sehingga bayi tidak akan mengambil kalsium dari tulang ibu.
        Susu juga berfungsi sebagai sumber multivitamin karena banyak susu yang diperkaya vitamin D, vitamin B, dan berbagai nutrisi lainnya.
        Mencegah keasamaan atau gejala mual selama kehamilan.
        Susu yang mengandung yodium juga bisa membuat otak anak jadi lebih cerdas. Dengan adanya yodium, sistem saraf bayi akan berkembang lebih baik selama kehamilan maupun setelah mereka dilahirkan.
        Mengurangi resiko anemia.
        Memperbaiki kualitas air ketuban ibu hamil.

Gimandose?  Banyak khan ternyata manfaat susu bagi ibu hamil. Iyah banyak, kok. Balik lagi, hak dan pilihan tiap ibu sih sebenernya, mau minum susu selama kehamilan atau enggak. Toh mommies jaman sekarang udah pada pinter dan melek informasi. Jadi udah bisa menimbang-nimbang sendiri, perlu atau enggak minum susu selama kehamilan. Kalo sya sih, iyes. Selama hamil saya berusaha rajin minum susu, walaupun sesekali ada bolongnya karena lupa atau males. hahahahaha.....

Bagi kamyuh yang memilih nggak minum susu hamil karena alasan harga, wes ojo pusing, Cyn. Coba deh sesekali liat-liat ke toko online seperti Bukalapak. Harga susu ibu hamil di Bukalapak dijual mulai Rp18.000. Terjangkau, khan..... Kalo kepengen lebih mureh lagi, cuslah berburu diskon, voucher belanja, atau mencari cashback melalui aplikasi pihak ketiga. Trus belanjanya waktu flash sale atau ketika ada event-event diskon heboh seperti pada waktu lebaran, tahun baru, 17 Agustus, Hari Kartini, dan lain sebagainya. *ini tips dari murid suhu Selvi. Hahahahahaha.... Selviiii, lu baca postingan ini nggak??? Lihatlah muridmu yang sudah pinter nyari harga murah iniiiih!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Konon kalau mau tinggi yaa didoakan saja mbak... *kabur*

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....