Stay Chic and Modern With Kebaya Ea Eaaa Eaaaaaa

Jaman saya kicik dulu, kalo liat perempuan pake kebaya itu rasanya jadul bianget. Yang  pake kebaya biasanya oma-oma tua kayak nenek saya yang orang Jowo tulen dan usianya sudah 80 tahun. Kalopun ada anak kecil dan remaja yang pake kebaya, biasanya ya cuma waktu kartinian atau lagi wisuda.  Kalo nggak gitu ya pas foto atau acara nikahan.

Tapi kayaknya generasi jaman sekarang sudah nggak gitu lagi, ya Ses? Kalo saya nggak salah inget, diawali sekitar tahun 2008-an, tuh, waktu trend batik booming banget. Motif batik dipake di hampir semua model baju. Termasuk baju-baju kekinian yang sebelumnya keknya gak wajar kalo ditabrakin sama motif batik macam jaket, baby doll, baju halter neck, kimono, sampe hotpants. Nah, setelah itu kebaya jadi ikut-ikutan populer. Soalnya kebaya khan memang biasa dipadukan dengan batik. Jadi ikutan kecipratan kondang deh dia. Ih, saya seneng dan bangga lho. Baju tradisional kita udah nggak dianggep ndesit kayak dulu lagi.

Dari banyak jenis dan model kebaya, saya paling demen ngliatin kebaya Kartini model klasik yang terbuat dari fine transparent fabric dan dalemannya dikasih torso ituh. Keliatan mewah dan elegan.  Tapi ya memang kurang nyaman kalo dipake buat acara sehari-hari, sih. Apalagi kalo bawahannya pake jarik model wiron, wualah! Jalannya harus timik-timik dan ati-ati banget kayak orang abis lairan. Hahahahaha..... 

Trus gimana model kebaya yang tetep menonjolkan sisi elegannya tapi nggak ribet dan modern sehingga bisa dipake sehari-hari? Menurut saya ada 4 padanan dan desain kebaya yang modern yang bisa dipilih:

Paduan kebaya tradisional dengan model modern

Temen saya yang pemuja kebaya oldstyle suka ngomel tuh kalo liat orang pake kebaya tapi  bawahannya pake celana jeans. Ih, menurut saya keren kok. Tampilannya jadi lebih kasual dan kebayanya jadi bisa dipake di acara-acara semi formal. Apalagi perempuan jaman now kayak kita ini butuh lebih mobile. Butuh lari-larian nguber anak, butuh jongkok buat ngecek CPU PC yang tiba-tiba ngadat, dan sebagainya. Kalo nggak suka pake celana jeans, bawahannya bisa diganti model kulot atau mini skirt.

Kebaya Berbahan Kain Batik

Why not?! Jika teman temin bosan dengan motif-motif kain kebaya casual yang cenderung satu warna, maka teman-temin bisa menggunakan bahan kain batik untuk membuat kebaya. Pilihlah motif yang tidak terlalu besar sehingga menonjolkan keindahan postur tubuh pemakainya. Selain terasa lebih fresh, model kebaya ini juga bisa digunakan di acara semiformal dan juga untuk ke kantor juga. Untuk bawahannya, pilihlah bawahan rok berwarna polos dengan panjang di bawah lutut atau celana kain.
 

Kebaya Bali

Teman-temin yang berasal dari bali pasti sudah nggak asing lagi dengan kebaya jenis ini. Kebaya ini mempunyai keunikan sendiri yaitu bentuk kerah V neck dan penambahan obi. Dulu, waktu saya masih tinggal di Bali, saya lumayan sering liat pemudi dan ibu-ibu muda yang pake kebaya Bali bukan cuma di acara-acara doa agama Hindu, tapi juga di gereja dan acara-acara resmi lainnya. Aduh, saya bukan orang fashion, sih. Jadi nggak tau apa ya istilahnya.  Pokoknya keliatan keren dan elegan tapi nggak too much. kebaya Bali bisa dipadukan dengan rok kain batik motif Rangrang. Model roknya monggo disesuaikan dengan bentuk tubuh masing-masing, yes. 
 

Kebaya Kutubaru

Kalo ini mah udah lah ya. nggak perlu dijelasin. Teman-temin pasti sudah pada tau kayak apa yang namanya kebaya kutubaru. Kebaya yang mempunyai ciri khas adanya kain penghubung di bagian dada ini memiliki banyak variasi baik bahan dan model. Dari kutubaru 'glangsaran' yang terbuat dari kain katun dan bisa langsung dipake kayak kemeja, sampe yang terbuat dari kain tulle. 

Modelnya juga sangat beragam. Ada yang divariasi model peplum biar cucok untuk wanita berpinggul lebar *kayak sayah!, ada juga yang dimodifikasi dengan model tunik yang panjangnya selutut agar cocok dipake oleh teman-temin hijabers. 


Masih belum puas dan percaya dengan 4 tips dari sayah? Ya maklum, Beb. Dedek cantik ini nggak paham-paham amat tentang fashion si ya. Hahahahahahaha... Jadi nulisnya ya yang menurut apa yang saya liat. Untuk melihat jenis dan model kebaya yang wearable di jaman now inih, capcus kao baca di sini.








You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah, ibuku suka banget kebaya nih. Yang gambar 2 aku suka banget kainnya <3

    ReplyDelete
  2. Melayu pakai baju kurung.. Ah saya tak faham fashion kaum hawa hehehe..

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....