PP

Kandungan Zat yang Harus Ada Pada Susu Hamil



Setiap wanita yang sudah menikah tentunya akan sangat mendambakan untuk segera hamil. Tidak jarang yang segera melakukan program kehamilan setelah menikah agar dapat segera hamil.

Karena momen kehamilan memang menjadi momen yang sangat berharga bagi para calon ibu. Untuk itu agar kehamilan menjadi optimal, sebelum hamil akan lebih baik jika pada calon ibu memulai menerapkan pola hidup sehat. Sehingga saat hamil akan terasa lebih mudah untuk menerapkan hidup sehat.

Apalagi asupan gizi ibu hamil memang cukup berbeda dengan orang normal lainnya. Hal ini dikarenakan sang janin membutuhkan gizi yang cukup selama pertumbuhan di dalam rahim. Sehingga tak heran jika ibu hamil harus lebih sering menjaga pola makannya.

Mencukupi kebutuhan gizi selama hamil bagi sebagian orang memang cukup sulit. Belum lagi jika sebelum hamil terbiasa dengan pola makan yang kurang sehat. Bagi ibu hamil yang kesulitan memenuhi gizi selama kehamilan dapat mengkonsumsi susu ibu hamil. Hal ini dikarenakan susu hamil memang dirancang khusus untuk memenuhi gizi ibu hamil. Dan ingat ya harga susu ibu hamil yang mahal belum tentu bagus loh. Perhatikan dahulu kandungan susu yang akan kamu beli. Apakah susu ibu hamil kamu sudah memiliki kandungan bahan berikut?

Asam Folat

Pada  trimester pertama asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat ini berfungsi membantu pembentukan darah dan protein, sehingga enzim dalam tubuh ibu hamil dapat bekerja secara maksimal. Tidak heran jika kandungan asam folat menjadi komponen penting yang harus ada pada susu hamil.

Protein

Pada saat pembentukan sel dan jaringan pada janin, protein sangatlah dibutuhkan. 
Protein juga dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah bagi janin dan sang ibu. Kekurangan protein pada ibu hamil dapat menyebabkan banyak keluhan pada ibu hamil.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B yang dibutuhkan ibu hamil meliputi vitamin B12, B1 dan B2. Vitamin B1 dibutuhkan ibu hamil agar dapat memproses makanan menjadi energi sehingga ibu hamil mendapatkan energi yang cukup.

Vitamin B12, berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah, sumsum tulang dan syarat ibu dan janin sehingga mengurangi resiko bayi cacat.

Vitamin B2, meningkatkan metabolisme asam amino, asam lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami kolesterol.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D pada ibu hamil dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan zat fosfat dan kalsium pada tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin D berfungsi mengatur zat fosfat dan kalsium. Kekurangan vitamin D pada masa kehamilan dapat memperbesar resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Kalsium

Seperti yang kita ketahui kalsium berfungsi untuk memperkuat tulang pada tubuh. Pada ibu hamil, kalsium sangat dibutuhkan agar tidak terjadi pengeroposan tulang selama kehamilan. Pada janin kalsium berfungsi untuk membantu perkembangan jantung, membentuk tulang dan gigi yang kuat, serta membantu perkembangan pada otak dan saraf.

Iodium

Ibu hamil yang kekurangan zat iodium akan berdampak pada perkembangan otak janin. Sehingga ibu hamil disarankan mendapatkan asupan iodium 220 mikrogram per harinya.

Pilih Susu Hamil yang Rasanya Enak

Setelah mengetahui kandungan zat yang harus ada di susu hamil, kamu tinggal mencari-cari merk susu ibu hamil yang cocok. Dengan harga susu ibu hamil yang bervariasi, kamu bisa coba dari yang paling ramah di kantong. Jangan lupa untuk membeli susu ibu hamil dalam kemasan kecil terlebih dahulu. Karena tidak semua ibu hamil langsung cocok dengan susu hamil yang dipilihnya.

Jika kamu memang tidak terbiasa mengkonsumsi susu, kamu bisa mencari susu ibu hamil yang memiliki rasa yang enak. Apalagi sekarang sudah banyak produsen susu hamil yang mengeluarkan macam-macam rasa yang enak. Harga susu ibu hamil pun lebih terjangkau

You Might Also Like

2 komentar

  1. kemarin hamil minum susu yang coklat dan mesti anget-anget kuku klo udah dingin aku suka muntah mba hahhaa

    ReplyDelete
  2. dokter gua malah ga menganjurkan minum susu ibu hamil fel, katanya banyakan gulanya dibanding gizinya... mending susu cair biasa... tapi hamil kedua ini, minum susu langsung hoek hoek... belakangan mulai mendingan sih, susunya gua jus pake buah, lumayan ketelen hahahaha...

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....