Friday, January 26, 2018

KULINER: Ini Dia Tempat Kuliner yang Wajib Disambangi di Palembang



Siapa yang nggak kenal pempek? Kuliner berbahan dasar ikan dan tepung tapioka ini tidak hanya diminati orang Palembang, tapi juga menjadi panganan favorit oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih, ditambah dengan cuko bercita rasa manis dan pedas menjadikan pempek sebagai salah satu ikon Kota Palembang.

Tapi ternyata, kuliner unik di Palembang nggak hanya pempek, lho. Ada banyak kuliner menarik lain yang layak untuk dicicipi selagi berkunjung ke Palembang. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat murah ke Palembang, ada baiknya kamyuh menyimak review tempat kuliner yang harus dikunjungi di Palembang berikut.

1. Martabak Har 

 Source : cumilebay

Martabak Har merupakan salah satu kuliner yang paling dicari di Palembang. Menu utamanya adalah martabak telur bebek tanpa sayur yang dihidangkan bersama kari kambing dan kentang. Selain martabak, terdapat menu spesial, yaitu nasi minyak yang dimasak dengan minyak samin, yang hanya tersedia setelah selesai waktu sholat Jumat.

2. Mie Celor 26 Ilir H. Sjafei

Menu khas ini merupakan salah satu menu yang dibagikan untuk pengunjung pada acara Festival Gerhana Matahari (GMT). Mie celor menggunakan jenis mie berukuran besar yang teksturnya kenyal. Mie disiram kuah udang kental yang lezat, ditambah topping tauge dan telur. Satu porsinya hanya Rp15.000,00. Murah, bukan?

3. Pindang Sri Melayu Palembang

 Source : cumilebay

Rumah makan ini terletak di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang. Tempat yang luas dan nyaman, dengan aneka hidangan khas Palembang yang lezat sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Aneka jenis menu yang menggoda selera seperti pindang ikan salai, pindang tulang, pindang udang, brengkes patin, ikan saluang goreng, juga aneka sambal dan lalapan dengan kisaran harga Rp10.000,00 - Rp80.000,00 tersedia di sini.  

4. Tekwan Wak Aba Bukit Besar

Kuliner Palembang memang tidak jauh dari ikan. Tekwan adalah makanan khas Palembang lainnya yang terbuat dari ikan, disajikan dengan kuah kaldu udang dan dilengkapi irisan jamur kuping dan bengkuang. Tekwan Wak Aba Bukit Besar terletak di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar, Palembang.

5. Warung Kopi H. Madina Kuto

Jika ingin mencari sarapan, warung kopi yang terletak di Jalan Dr. M. Isa ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Aneka makanan khas Palembang seperti burgo, laksan, lakso, celimpungan, dan lainnya tersedia di sini. Warung kopi ini cukup terkenal di Palembang. Jadi, pastikan untuk datang lebih pagi supaya tidak kehabisan, ya!

6. Sate Kambing Soepardi

Source : tripadvisor

Warung ini menyediakan aneka jenis sate seperti sate ayam, sate sapi, dan sate kambing. Meskipun harganya cukup mahal, yaitu Rp60.000,00 per porsi, tapi ukuran daging satenya lebih besar dan teksturnya empuk. Anda juga bisa mencicipi gulai kambing yang rasanya tak kalah lezat. 

7. Tempoyak Musi Rawa

Menu andalan rumah makan ini adalah pepes patin tempoyak yang membuat banyak orang ketagihan. Sambal tempoyak sendiri adalah durian yang difermentasi yang setelah matang, rasa duriannya hampir hilang, digantikan oleh rasa asam dan sedikit pedas dari bumbu lain. Rumah makan ini terletak di Jl. Angkatan 45, Lorok Pakjo, Palembang.

8. Es Kacang Merah Vico

Source : tripadvisor

Kota Palembang memang memiliki cuaca yang cukup panas. Oleh karena itu, es kacang merah sangat tepat untuk menjadi pelepas dahaga setelah seharian berkeliling kota. Es kacang merah Vico terletak di Jalan Letkol Iskandar, Palembang. Satu porsi es kacang merah seharga Rp20.000,00 terdiri dari kacang merah yang ditambah santan, susu kental manis, sirup, dan es serut. 

Jadi, sudah menentukan tempat kuliner mana yang akan dikunjungi pertama kali? Jangan lupa pesan tiket pesawat maskapai kesayanganmu di Airy Tiket Pesawat sekarang juga!

6 komentar:

  1. mendadak darurat pengin makan pempek lenggang banget nih felll
    help
    btw aku suka banget sambel omahanmu
    hmm itu kalo dicampur cumi enak gak ya? ehehhehe sayang aku gk bisa foto karena habis dicicip celometan kemana2 krn sambel kan ada minyaknya yha
    jadi kubingung gimana potonya. mau dong kalo ada mau acu repiu

    ReplyDelete
  2. mendadak pengen martabak har hehehehe, udah lama banget nggak icip icip masakan palembang... next kalo aku ke palembang aku bakal icipin smua yang ada di list ini ya mbak... tak bookmark dulu huehehehe

    ReplyDelete
  3. Aduh, itu es kacang merah seger banget yaah. Jadi ngiler

    ReplyDelete
  4. Ini kok ya penampakannya kelihatan lezat semua. Mau jam berapapun blogwalking kayaknya bakal lapar terus :D

    ReplyDelete
  5. Lemak nian caknyo kalau pacak k pelambang cicip2 makan pempek lenggang

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke Palembang T__T
    Cuma pernah dengar makanan terkenal itu~ cem Martabak Har itu
    Belum pernah cobaaa...

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....