Monday, October 09, 2017

SENIN RUMPITA: Media Sosial, Bukan Sekedar Lahan Eksistensi Diri

photo by: LOBO STUDIO HAMBURG

Jujur, di masa muda dulu (eaaa.... saya tua), motivasi saya bikin akun media sosial adalah karena saya latah ikut-ikutan apa yang lagi trend di kalangan temen-temen saya. Selain itu saya aktif di media sosial hanya supaya saya keliatan eksis gitu. Hihihihihi......

Salah? Enggak juga, sih. Jaman sekarang, eksis juga perlu. Apalagi kalo eksistensi kita bisa menggemukkan pundi-pundi rupiah. Kenapa enggak?

          Kamyuh termasuk: IBU-IBU KEKINIAN ALAM INSTAGRAM

Saya sendiri, seiring bertambahnya usia, pergaulan,  dan pengalaman bersosial media, jadi menemukan banyak manfaat lain selain untuk eksis. Kebutuhan untuk eksis masih, tapi sudah berkurang jauh. 

1. Jualan Online

Sejak berhenti kerja kantoran di tahun 2009, saya mencoba mencari duit jajan dengan berjualan online. Mulanya saya berjualan online di Facebook dan kaskus. Lalu sejak para onlineshop berbondong-bondong berjualan di IG, sayapun ikut jualan di IG. Sekarang, sudah banyak media jualan online yang pure gratis seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Tapi untuk berkomunikasi dengan lebih intens dengan para pelanggan online shop, sampai saat ini saya merasa media sosial tetep paling efektif.

          Monggo dibaca, Cyn: YUK PAKE PRODUK ASLI INDONESIA

Besarnya hasil jualan online menang tidak terlalu besar, karena saya memang nggak nggetu jualan. Tapi lumayan, lho. Nggak bisa dianggep remeh. Temen-temen saya di komunitas seller online juga banyak yang sudah berhasil meraih kemapanan finansial dari berjualan online. Dan semuanya sama, menggunakan media sosial sebagai media pendukung atau media utama jualan online.

2. Mendekatkan yang Jauh

Seneng kalo punya keluarga besar kayak Oni. Soalnya kebanyakan tinggalnya juga di Malang. Jadi kalo mau meet up dan acara keluarga enak dan gampang. Keluarga besar saya sendiri kebanyakan engga berada di Malang. 6 dari 9 saudara kandung papa saya tersebar di Cina dan Hongkong. Sedangkan om tante saya dari mama kebanyakan stay di Jawa Tengah. Otomatis kami jadi jarang ketemu. 

Saya inget banget, waktu saya masih sekolah, saya kadang suka sedih kalo tante-tante saya yang dari luar negri dateng. Karena apa? Mereka khan suka bawa oleh-oleh baju, tuh. Nah, baju oleh-oleh yang buat saya suka kekecilan. Huhuhuhu... Soalnya lama nggak ketemu dan liat. Dalam bayangan mereka, saya masih cilik aja nggak gede-gede. Hahahahaha... sangking jarangnya ketemu. 

Tapi sekarang, sodara-sodara saya udah pada punya media sosial. Jadi lumayan apdet kita. Walaupun masih jarang ketemu, tapi udah jauh lebih sering bersapa salam, ngliat foto-foto terbaru di media sosial, dan sebagainya. Dan pastinya nggak salah ukuran lagi kalo ngasih oleh-oleh baju buat saya dan anak-anak saya. Penting gitu ya, Mak? Hahahaha....

3. Mendapatkan Berbagai Informasi dan Komunitas Pendukung

Informasi apa yang nggak bisa diperoleh di media sosial? Nggak ada! Semua informasi dan sharing pengalaman bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media sosial. Dari resep masakan, tips parenting, info diskon, sampai tips supaya lemari es engga bau, ada semua. 

Nggak hanya butuh informasi, tapi nyari temen yang sehati sama kita dalam hal-hal tertentu? Banyak banget komunitasnya di media sosial.  Tinggal pilah pilih mana yang cucok dengan kita. Ya sama kayak milih jodoh itu lho, shay. Cucok-cucokan.

4. Arsip Praktis

"Henpon gua ilang! Banyak foto-foto berharga anak-anak di sana. Duh... Untung foto anak-anak rajin gua posting di FB." Nggak cuma satu temen saya lho yang pernah ngomong begini, ada beberapa. Ya nggak melulu sama persis. Ada yang henponnya tiba-tiba kereset lah, henpon mati total, apalah apalah. Tapi semuanya sama, masih punya simpenan foto-foto anak di FB. Hore! Terpujilah FB! *kecup-kecup Babang Mark.

          Read this too: AKUN MEDIA SOSIAL UNTUK ANAK, PERLU GAK SIH?

Kalo untuk arsip, memang kayaknya FB paling enak. Karena foto-foto bisa kita kelompokkan dalam album, ya. Kalo di Instagram khan ngacak kecampur jadi satu, tuh.

So, gimana dengan teman-temin? Biasanya pake Media sosial buat apa? 

5 komentar:

  1. sama dulu waktu masih muda *eeaa tua juga kitah mba* punya medsos krn ga mau dibilang kudet :D sungguh alasannya yang tidak berfaedah hahaha sekarang medsos buat cari uang macam ngeblog gini, buzzer semua karena medsos :D
    btw aku juga jualan tapi sedih krn ga konsisten akhirnya gulung tikar mulu wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaahhaha.. bener! Gak berfaedah banget. Tapi perlu ya to.

      Delete
  2. buat jualan juga sih samaan kita hahaha

    ReplyDelete
  3. instagram! love instagram! haha

    ReplyDelete
  4. kadang2 berguna banget buat mencari informasi, sambil sesekali kepo sana sini huahahahahaha...

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....