Sunday, July 02, 2017

GIRL TALK: Hempas Manja Anyang-Anyangan dengan Uri-cran


PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN | CARA MENGOBATI DAN MENCEGAH ANYANG-ANYANGAN. Apakah teman-temin pernah mengalami anyang-anyangan? Itu lho, rasa ingin buang air terus-terusan tapi air seni yang keluar cuma sedikit.  

Waktu saya masih duduk di bangku kuliah, ada temen kost yang ngajarin, cara mengatasi anyang-anyangan adalah dengan minum air sebanyak-banyaknya dan mengikat jempol kaki pake karet gelang. Soalnya jin pipis paling gak suka sama karet gelang. Yaelah, nggak masuk akal banget. Hahahaha......  Udah gitu, waktu itu saya percaya lho. Setiap kali anyang-anyangan, saya mencoba mengikat jempol kaki pake karet gelang. Dan anehnya, ternyata cara ini manjur untuk menghilangkan anyang-anyangan. Berangsur-angsur rasa kebelet pipis itu hilang setelah jempol kaki diiket karet gelang. Kalo dipikir-pikir, sebenernya yang bikin anyang-anyangannya sembuh mah bukan karet gelangnya, tapi karena saya sudah minum air sebanyak-banyaknya. Ngiket jempol kaki pake karet gelang cuma buat mengalihkan perhatian dari rasa nggak nyaman karena kebelet pipis. Ben keslimur, kalo orang Jawa bilang.

Namun suatu ketika, cara itu tidak mempan lagi. Walaupun saya sudah  mengikat jempol kaki saya, rasa kebelet pipis tersebut nggak ilang-ilang.  Semakin lama justru terasa makin menjadi-jadi sampe saya nggak bisa tidur. Sangking capeknya mondar mandir ke toilet, saya sampe akhirnya nongkrong di toilet selama berjam-jam. Duh, padahal jaman kuliah dulu, saya paling males ke kamar mandi. Selain karena posisi kamar saya jauh dari toilet, saya juga penakut. Nggak berani ke kamar mandi malem-malem. Seandainya waktu itu ada orang yang menawarkan cara mengatasi susah buang air kecil seketika, saya kayaknya rela nyerahin duit bulanan saya. Jangankan uang jajan 1 bulan, 3 bulan juga kasih dah! Hadeh....

           Baca juga: FILM HOROR DAN KERAMAS

Akhirnya karena nggak tahan, saya menelepon taksi dan berangkat ke UGD subuh-subuh. Sebenernya malu, sih. Dateng ke UGD ditemui oleh dokter yang sigap menyambut pasien darurat, eh waktu ditanya penyakitnya apa, anyang-anyangan doang, Cyn. Eleh, receh amat.


Setelah diperiksa dan berkonsultasi dengan dokter, akhirnya saya diberi 2 jenis obat. Antibiotik dan obat analgetika untuk meredakan rasa tidak nyaman dan sakit saat buang air kecil. Selain itu dokter juga memberikan surat rujukan agar saya melakukan cek urin lengkap di laboratorium medis.

Waktu itu dokter tidak memberikan penjelasan apa-apa. Saya taunya ya dari mba google, obat yang diberikan dokter tersebut adalah obat untuk penyakit infeksi saluran kemih (ISK). Dan ISK itu bukan penyakit receh uy! Walaupun gejala yang saya rasakan cuma anyang-anyangan, tapi ISK akut yang nggak ditangani dengan baik dapat menimbulkan kerusakan ginjal. Hi... amit-amit. *getok-getok meja. Trus saya juga baru tau ternyata anyang-anyangan adalah sinyal dari tubuh untuk memberitahukan kalo ada something wrong with our bladder. Ya nggak selalu kalo anyang-anyangan itu ISK, sih. Tapi memang gejala paling umum yang dijumpai pada penderita ISK adalah anyang-anyangan itu tadi, Cyn.

Cara minimal untuk memastikan apakah seseorang mengalami ISK adalah dengan melakukan test urin. Apabila hasil test urin  menunjukkan nilai positif untuk bakteri E Coli dan/atau Clamydia, leukosit (sel darah putih), dan eritrosit (sel darah merah), maka 90% sudah terjadi infeksi saluran kemih sebagai penyebab anyang-anyangan. 

Selain itu ada beberapa gejala lain yang mengindikasikan seseorang terkena ISK: 
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih dan sakit saat buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam


Tahukan teman-temin, kita, kaum wanita, lebih mudah terkena ISK.  Hal ini disebabkan karena lubang saluran kemih, liang vagina, dan lubang anus wanita yang letaknya berdekatan dan saling terbuka. Berbeda dengan pria, dimana lubang saluran kemih menjadi satu dengan saluran reproduksi dan tertutup oleh kulit. Selain itu saluran kemih wanita juga lebih pendek daripada pria sehingga bakteri mudah mencapai kandung kemih. Jadi wajar kalo wanita mudah terkena ISK berulang kali. Huhu..... bakteri E Colinya pilih kasih!

Hal-hal lain yang juga bisa menjadi penyebab anyang-anyangan dan bikin kita kena ISK:
  • Turunnya kadar estrogen di masa menopause. Kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih sehingga lebih rentan untuk terinfeksi.
  • Kehamilan.
  • Penggunaan alat KB
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu, seperti diabetes, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
  • Struktur organ intim yang nggak normal.
  • Gangguan prostat dan batu ginjal (eh, cowok juga bisa kena, ya) 
  • Dehidrasi
  • Alergi
Selain itu, ada juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari menjadi penyebab anyang-anyangan dan membuat kita lebih beresiko terkena ISK:
  

Nah lo nah lo....  Trus gimana caranya supaya kita nggak gampang terkena ISK. Kalo bisah seumur hidup jangan sampe terkena ISK, ya to. Seriously, anyang-anyangan rasanya nggak enak banget. Ew......

Berikut cara mengatasi anyang-anyangan yang saya lakukan agar terhindar dari ISK:

Pipis dan membersihkan organ intim sebelum dan sesudah berhubungan sex.

Banyak minum air putih

Tidak menahan kencing
Makin banyak minum air putih, makin sering kita kebelet pipis. Aih, saya paling males kalo kebelet pipis waktu sedang dalam perjalanan. Selain karena sungkan bilang  sama sopirnya, saya juga ogah pipis di toilet yang nggak bersih. Tapi sejak kena ISK, saya kapok, deh. Nggak pake acara sungkan lagi, saya bakal minta pak pir nyari pom bensin terdekat kalo saya kebelet pipis. Sebelum berkemih, saya biasanya menyemprot toilet seater dengan cairan pembersih khusus.

Mandi dengan air mengalir

Menjaga agar celana dalam dan handuk mandi yang dipakai selalu kering dan bersih. 
Rempong ya jadi cewek. Tiap habis pipis biasanya celana dalem jadi agak lembab karena menyerap sisa air yang menempel pada pubis. No no... jangan pake panty liner untuk menghindari celana dalem lembab. Karena panty liner khan gunanya untuk menyerap kelebihan cairan vagina, bukan untuk menyerap sisa air sehabis berkemih. Instead of pake panty liner, saya lebih suka membawa celana dalam ganti di tas. Jadi sewaktu-waktu celana dalam terasa lembab, yo wes langsung aja ganti.

Membersihkan daerah kewanitaan dengan benar
Cara membilas daerah kewanitaan yang benar adalah dengan cara depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri tidak masuk ke vagina. Ini juga berlaku kalo kita nyebokin anak perempuan ya, Mak.

Sering mengkonsumsi Cranberry
Proantocyanidin yang terkandung dalam buah Cranberry dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Saat ini buah Cranberry sudah dapat ditemukan di supermarket yang menjual bahan-bahan impor.

Sejak mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk dan menjalankan cara-cara di atas, puji Tuhan saya nggak pernah kena ISK lagi. Cuma gantian dompet saya yang sering anyang-anyangan karena harga cranberry mihil, Cyn. *nangis garuk-garuk dompet.


Eh tapi itu dulu, denk. Dompet saya juga nggak pernah anyang-anyangan lagi sejak salah satu temen saya merekomendasikan produk yang bernama Prive Uri-cran Plus. Apaan tuh?

Prive Uri-cran Plus adalah ekstrak buah cranberry yang berbentuk powder sachet. Harganya relatif lebih terjangkau dibanding beli buah cranberry impor. Selain itu, Prive Uri-cran Plus juga dilengkapi dengan Vit C, Lactobacillus Achidopillus, dan Bifidobacterium bifidu.

Lactobacillus Achidopillus adalah bakteri baik yang berfungsi sebagai probiotik dan bermanfaat untuk sistem pencernaan manusia. Selain untuk menjaga kesehatan saluran cerna, bakteri baik ini juga berguna untuk mencegah dan mengobati diare.

Sedangkan bifidobacterium bifidu adalah bakteri yang juga memiliki beberapa manfaat positif bagi kesehatan manusia, seperti mampu menghasilkan beberapa vitamin B-kompleks yang bermanfaat bagi tubuh, membantu pengaturan diet bagi sebagian manusia yang menderita kondisi liver tertentu, dan mencegah bakteri yang mengubah nitrat (pada air dan makanan) menjadi nitrit, yang merupakan penyebab kanker.

Keren khan, seabrek manfaat bisa kita dapatkan sekaligus hanya dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran Plus ini.

Cara minumnya nggak susah, say. Tinggal diseduh dengan air matang. Udah gitu aja. Trus langsung diminum (jangan dipake luluran. Eaaa. *jayus). Rasanya enak, kok. Nggak aneh dan bikin hidung berkerut kayak minuman kesehatan pada umumnya.

Bagi teman-temin yang merasa acara seduh menyeduh ribet, silahkan memilih Prive Uri-cran yang berbentuk kapsul untuk mengatasi susah buang air kecil .

Gimana? Gampang, khan menjaga agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari ISK dan anyang-anyangan? Hayuk lah kita ganti acara ngopi-ngopi syantiek dengan acara minum Uri-cran manja. Long live! Ganbei! *eh, ganbei/toast-nya juga pake Uri-cran plus, dong, ah. Biar sehat. Hihihihi..... 

 


21 komentar:

  1. anyang-anyangan bukan hanya pada wanita tapi juga pada pria.. kadang bikin bete jadi gak pede.. he.he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Om. Jadi was-was kalo kecirit ya? Hihihihi

      Delete
  2. Wkwkwkwkw...., Anyang-anyangan emang bikin bete. Pernah gara2 si Anyang ini meja kantor aku pindah deket pintu kamar mandi, hi hi hi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi biar nggak ngompol ya khan. Hadeh, anyang-anyangan sialan

      Delete
  3. Emang nih penyakit antara sepele tapi engga tapi kudu dibasmi

    ReplyDelete
  4. Pernah sih sy kena anyang anyangan dan sampai isk pas hamil. Akhirnya hrs sesar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhuk! Sesarnya gara-gara ISK, Mba?

      Delete
  5. anu dok saya anyang2en, belum gajian sih....

    ReplyDelete
  6. Ternyata perihal cebok pun kudu ngarti ya tekniknya supaya bebas dari serangan anyang anyangen
    Klo yg perkara minum ini nih yg masih sering jadi pe er, semoga abis baca ini jd rajin minum aer putih n gasuka nahan pipis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ya, sama saya juga. Sering lupa minum kalo lagi asyik ngerjain apa gitu

      Delete
  7. Alhamdulilah belum pernah kena anyang-anyangan.. tapi perlu tau untuk pencegahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat Mbak. Semoga nggak pernah ken, deh

      Delete
  8. Jempol kaki diiket karet ini mitos sejuta umat kalau lena anyang-anyangan yak. Dr sekian artikel semua hmpir nyebut itu krn kebanyakan pengalaman gt.
    Anyang-anyangan emang bikin risih dan gak nyaman, aku pun sering mengalami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha, iya. Lumayan mba buat distraction dari sumpek anyang-anyangen

      Delete
  9. wahahaha...udah pernah ngelakuin juga ngiket jempol kaki waktu anyang-anyangen, tapi itu duluuu banget. tapi soal Jin pipis baru tau sekarang wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Pernah ngalamin anyang2an ga enaaak banget. Untung sekarang ada uri-cran yaaa. Anakku aja suka lo minum uri-cran haha..

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....