Monday, June 05, 2017

SENIN RUMPI: Barang Bekas Favorit Emak-Emak

Saya ini sebenernya orang yang gampang merasa sumpek. Nggak suka banget kalo ada banyak barang di sebuah ruangan. Apalagi kalo barangnya kemriwek , acakadul dijejel-jejelin, dan disimpen di tempat yang tidak sesuai fungsinya. Misalnya Oni yang suka nyimpen bola basket di lemari baju bagian bawah, ish sebel saya. Kalo nggak inget itu bola mahal, kepengen saya kempesin trus saya buang bolanya ke tong sampah. *jahat. Masa sih saya jahat?

          Baca yang ini, say: Si Tukang Komplen

Jadi kalo ada barang di rumah yang sekiranya sudah nggak dipake lagi, saya suka langsung kasih ke orang lain atau saya lempar-lemparin ke tong sampah. Sampe kadang Oni sebel. Kenapa saya gampang banget buang barang, khan siapa tahu barang itu bakal dipake lagi di kemudian hari.

pic by: Sbringser
Eh tapi nggak semua barang bekas saya nggak suka, lho. Ada beberapa jenis barang bekas yang saya (dan juga IRT-IRT lain kayaknya ya) demen banget, sampe-sampe saya koleksi dan saya simpen dengan segenap jiwah dan ragakoooooh. Apatuh apatuh?

Kresek Bekas

Yeay! Sama khan kita? Paling demen ngumpulin kresek bekas. Apalagi sejak toko-toko ritel modern mulai memberlakukan kantong plastik berbayar tahun lalu, nilai kresek jadi makin berharga di mata saya. Biasanya koleksi kresek saya cuma diumpel-umpelin di kardus. Sekarang jadi saya lipet-lipet rapi dulu. Hahaha... Penting ya?

Kenapa doyang ngumpulin kresek? Samaan lagi dong alesannya. Buat kantong sampah. Saya biasa pake kresek size M atau L buat kantong sampah. Soalnya ukuran tong sampah saya lumayan gede. Sedangkan kresek size S saya pake untuk buang pampers bekas Bree.

Karet Gelang Bekas

Karet gelang bekas saya juga suka kumpulin. Buat kalo perlu-perlu. Entah ngaretin plastik, ngaretin bungkusan nasi, atau ngaretin rambut kalo butuh darurat. Hehehehehe......


Tapi saya nggak suka karet gelang yang ini. Mudah putus. Lebih awet karet gelang yang bahannya bening itu lho.

Baju Bekas

Di keluarga saya, baju-baju bekas dibagi dalam 3 kategori, eaaaaaa. Kategori pertama adalah baju bekas yang masih bagus belum pernah dipake, soalnya sehabis beli kitanya langsung nyesel. Entah modelnya bikin keliatan bodi makin aneh atau sizenya kekecilan. Kategori kedua adalah baju bekas bayi yang biasanya juga masih cakep-cakep tapi sudah nggak bisa dipake lagi karena kekecilan. Namanya juga bayi, ya. Gedenya cepet. Baru juga pake baju itu sekali, eeee bulan depan sudah nggak muat maning. Kategori ketiga adalah baju-baju yang dulunya kita demen banget. Dipake terus. udah compang camping juga tetep kita pake. Sampe akhirnya kainnya menipis dan sobek.

Nasib baju bekas kategori pertama ini biasanya mangkrak lama di dalem lemari karena niatnya bakal dipake kalo berat badan udah turun. Namun...namun...namun.... demikian. Baju bekas kategori kedua disimpen nggak lama-lama, karena biasanya berpindah tangan ke sodara yang baru punya bayi. Kelak baju bekas itu bakal kembali lagi ke kita kalo kita nambah bayi. Hihihihi... muter aja ceritanya, ya.

Baju bekas ketiga, beda nasib. Nggak bakalan kita kasih ke orang karena sudah nggak layak banget buat dipake. Dibuang? Enggak. Biasanya baju bekas kategori ketiga ini saya gunting menjadi beberapa bagian dan dialihfungsikan menjadi lap. Horeeeeee! Enak lho pake lap dari baju bekas. Soalnya kalo sudah kotor, nggak bakalan saya cuci, tp langsung lempar ke tong sampah. Enak ye khan? Saya bebas dari urusan bribet nyuci lap yang penuh noda minyak dan kotoran. Hurraaaa!

Kaleng & Botol Bekas

Kaleng bekas yang saya suka biasanya kaleng biskuit atau kaleng bekas hantaran manyue. Enaaaaak, bisa dipake buat nyimpen-nyimpenin barang pritilan, keropok, detergen bubuk, jepit jemuran, apa sajalah pokoknya.

Sedangkan botol bekas yang saya suka adalah yang berbahan kaca. Kayak botol bekas UC1000. Dipake buat apa? Buat nyimpen ASIP dong, Cyn. Setelah nggak kasih anak ASI, botolnya dipake buat nyimpen kaldu. Tapi lama-lama saya males nyimpen kaldu di dalem botol UC. Soalnya leher botolnya khan kecil tu ya. Nyucinya susyeh. Kalo botol-botol bekas yang mulutnya lebar, biasanya saya simpen di dapur. Buat nyimpen sambel homemade dan bumbu-bumbu masak.

Tapi ada satu botol bekas yang walaupun bahannya dari plastik tapi saya sukaaaa banget. Yaitu botol bekas sabun tangan cairnya Indomart.



Menggemaskan khan bentuknya. Lucu ginuk-ginuk boncel kayak saya. pencetan pump nya enteng banget. Bahkan C aja bisa kok mencet. Botol ini saya pake buat nempatin sabun cair buat cuci piring. Nanti kalo dapet botol bekas ini lagi, bakal saya pake buat shampoo dan bodywashnya Oni. Pokoknya yang cair-cair di rumah pengennya saya tempatin pake ini semuaaaaah!

Sikat Gigi Bekas

Hiaaaaa, nggilani ya? Hahahahahaha... Iya nggilani.

Sikat gigi yang bulunya sudah njeprok biasanya saya turunkan  pangkatnya menjadi sikat WC. Lhe, nggak selese-selese dong? Sikat WC kok pake sikat gigi. ya enggak, sikat giginya cuma saya pake buat membersihkan daerah-daerah yang sulit dijangkau. Kadang juga saya pake untuk membersihkan nat keramik. Enak, praktis. Nyikat lantenya nggak pake aneka gerakan akrobat biar bersih semua.

Kardus Bekas

Kardus bekas harganya mahal lho, Jeng. Apalagi kardus bekas rokok yang tebel itu.  Delapan ribuan lebih kalo nggak salah. Gunanya? Banyak! Buat nyimpen barang-barang bekas lain, mainan anak, perabot yang jarang dipakai, dan sebagainya. Perlu banget kalo kita mau pindahan kost atau rumah. kalo teman-teman suka ber DIY ria, kardus bekas bisa disulap menjadi aneka storage lucu.

          Baca deh ini:  Merapikan Laci Pake Kardus Bekas

Saya juga pake kardus bekas yang tipis untuk alas masak. Yang namanya masak, tau sendiri khan, nggak pernah lepas dari kotor-kotor. Baik cipratan adonan ataupun minyak. Daripada rempong beberes dan ngelap meja dapur, kalo mau masak-masak yang agak rembay, biasanya meja dapur saya alasi dulu pake kerdus bekas susunya C dan Bree.


Itu deh 6 barang bekas idola saya. Idola banget. Soalnya kalo mau di reuse nggak usah pake di DIY segala, gitu. Cukup dibersihkan dan langsung bisa di reuse. Secara nggak langsung juga menghemat duit.

          Baca ini juga yuk: Yuk Atur Uangmu

Selain itu, hidupku inih terasa bagaikan nggak aman, selalu gelisah, seret bagaikan habis makan trus lupa minum, kalo nggak punya stock 6 barang bekas di atas. Hihihihihi... lebay? Babah!

Bagaimana dengan teman-temin?     

19 komentar:

  1. koq kita samain sih hahahaha... gua juga ngumpulin kantong plastik buat tempat sampah, karet gelang siapa tau nanti berguna, baju yang bolong2 buat ngelap ompolnya jayden, sikat gigi buat nyikat bagian2 yang tersembunyi dan susah dijangkau sikat biasa hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha... Naluri emak-emak Mel.

      Delete
  2. gua juga paling suka ngebuangin barang. anak2 tuh yang pada hoarder. jadi gua juga suka ngebuangin kalo mereka lagi gak liat. hahaha. toh anaknya juga gak nyadar kalo barangnya ilang saking kebanyakan. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilahnya hoarder, ya Man? Hihihihi

      Delete
  3. yeay plastik n karet itu aku banget hahhha entah knp gatel bgt suka pgn ngumpulin 2 benda itu lalu dimasukinnke wadah dan lgsg bergembira trnyata mmg berfungsi terutama ygv karet gelang mba hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren bisa ngumpulin sampe 1 wadah. Aku cuma dikit, digantung di centelan gitu, Mbak. Hihihihihi

      Delete
  4. hm....brg bekas ya? botol plastik bekas apa aja.. ta kumpulin sek, abis tu kasih tukang rosok.
    kl yg dipake lagi suvenir2 kondangan, kayak mangkok kecil yg berubah fungsi jd tmp kartu nama...atau spon bekas cuci piring skrg alih fungsi jd tmp jarum pentul n peniti.
    (hijaber kan fans berat peniti n jarum pentul..hehe)

    sm 1 lagi...bkas pacar, masih aku koleksi. hahahahaha.... preetttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha... mengandung curcol

      Delete
  5. Kami juga ngumpulin kresek, karet gelang dan kardus. Kresek buat buang sampah. Karet gekang buat ngiket plastik gula/teping yang belum habis.
    Kardus? dijual.

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kardusnya banyak ya Om sampe bisa dijual-jualin?

      Delete
  6. kalau saya ngumpulin kresek aja yang paling pasti. kalau yang lain kadang masih dibuang, kecuali baju. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... memang kalo nggak kepake mending dibuang atau dikasih ke orang. Biar rumah nggak ruweeeeeet. *garuk-garuk kepala

      Delete
  7. duh nyesel gak ngumpulin kardus bekas susunya B. skrg pas mau nata-nata laci, baru kerasa klo butuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngumpulin maneh, Jeng. hahahahahaha

      Delete
  8. aah...aku semua tuuh wkwkwk... apalagi bagian pakaian, plek ketiplek sama wis wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Hahahaha, beneeeer mba. Aku jg tipe yg ga suka nimbun barang bekas. Apalagi rumahku kecil, ya makin sumpek kalo bnyk brg gt.. Beda ama mertua yg punya gudang aja ampe 3, isinya penuh ama ntah apa aja brg2 yg dia beli.. Kalo aku bisa stress liatnya.. Kuatir ngundang tikus jg kalo penuh begitu.

    Makanya aku tipe yg beli 1 brg, buang brg yg lain. Jd g ada penumpukan.. Kardus termasuk yg aku g suka.. Biasanya lgs aku suruh si mba buang aja.. Biar diambil pemulung. Kalopun ada yg aku simpen, itu cm plastik utk sampah.. Baju bekas yg udh jelek bolehlah dijadiin kain lap. Tp jgn kbnyakan, malah riweuh jg liat lap tersebar di mana :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahahha..... iya ya. Beklah! *makin semangat buang-buangin barang bekas

      Delete
  10. Kresek bekas tuh yang menuhin dapurku. Dilipet jadi kecil2 trus ditumpuk buat dipake lagi. Kalau mau make pun masih dipilih lagi mana yang paling jelek. Ujung2nya numpuuuuk banget. Hahahaha

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....