Thursday, June 15, 2017

CERITA MAMA: Bumbu Instant Tapi Sehat. Emang Ada?


photo by: AUNT MASAKO
 "Anak muda jaman sekarang, maunya serba instant." 

Sering nggak teman-temin mendengar kalimat itu? Saya? Sering banget. Biasanya mama saya tuh yang suka komen gitu kalo ngliat saya lagi makan mie instant. Dan di belakang kalimat itu masih ada serentetan omelan tanda cinta seorang ibu kepada anaknya. Syubidu bidu bidu..... syalala.....
Kenapa ya, semua makanan yang ada embel-embel kata instant di belakangnya pasti langsung dicap 'jelek', 'tidak sehat', 'tidak bergizi'. Padahal nggak semua, lho. Ada juga makanan instant yang sehat. Ada emang? Ada! Seriusan ada. 


Yes, aneka bumbu tumis siap pakai yang dikirimkan oleh Ibu Nur kepada saya ini sehat, lho Mak. Kenapa saya bilang sehat? Karena ibu Nur nggak menggunakan micin dan pengawet dalam produk-produk jualannya. Bahkan asam dan garam benzoat yang katanya disebut sebagai pengawet alami, dia juga nggak pake. Untuk meningkatkan daya tahan produk, Ibu Nur  hanya mengandalkan waktu masak yang lama dan teknik pengemasan produk.  Oiya, Ibu Nur juga selektif dalam memilih bahan baku pembuatan bumbu. Bahan-bahan yang dipilih hanya bahan-bahan yang masih fresh. Tujuannya? Agar citarasanya kuat dan tentunya juga memperpanjang daya tahan bumbu-bumbu yang dijualnya. 

Bumbu yang diberi merk Bumbu Tumis Siap Pakai BU NYAI ini ada 20 lebih varian. Banyak bok. Semua bebumbuan masakan Indonesia udah terwakili, deh kayaknya. Dari bumbu nasi, bumbu ayam panggang ungkep manis, dalca, plecing ayam, gulai, rendang, ada semua. Harga per kemasan cuma  Rp. 10.000,- per sachet. Khusus untuk nasi tomat dan nasi kebuli harganya Rp. 12.500,- 


Gede khan ukuran per sachetnya. 1 sachet bumbu nasi kebuli bisa dipake untuk makan 3 orang dewasa + 2 bocils.

Favorit saya? Nggak tau, karena saya belum sempat nyobain semua bumbu. Tapi dari 2 bumbu yang sudah saya coba, yaitu bumbu nasi kebuli dan bumbu ayam ungkep manis, semuanya enak!


Ini penampakan nasi kebuli yang saya buat hanya pake Bumbu Tumis Siap Pakai Bu Nyai. Duh, seriusan enak! Biar makin enak (walaupun nggak nyambung) saya tambahin telur dadar dan sedikit daging kambing giling. Hihihihi.... 

Suapan pertama langsung mengingatkan saya pada cita rasa khas nasi biryani yang biasa saya makan di resto India langganan saya di Malaysia dulu. Sudah lama saya nggak makan nasi dengan bumbu rempah yang kaya seperti nasi kebuli ini. Soalnya di Malang jarang banget saya nemu depot atau resto India/Arab. Mau masak sendiri saya males.  Proses masak dan bumbu-bumbunya itu lho, super ribet. Bahan bakunya sak ketapruk. Bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayumanis, pala, minyak samin. Belum lagi masak daging kambing sebagai pendamping wajib nasi kebuli. Hiaaaa..... rempong pong pong. 

Tapi dengan bumbu nasi kebuli Bu Nyai ini, saya bisa bikin nasi kebuli dengan cara gampil dan singkat. Cara masaknya nggak perlu saya jembrengin di sini ya, soalnya terlalu gampang. Sama persis dengan cara memasak nasi goreng dengan bumbu instant.

 
Ini penampakan bumbu ayam ungkep manis ala saya menggunakan bumbu tumis siap pakai Bu Nyai. Ayam yang sudah dibersihkan saya rebus dengan bumbu dan sedikit garam di panci presto. Setelah itu ayam saya rebus lagi sampai air di dlam panci hampir habis. Rempong sih enggak, tapi memakan waktu agak lama ya. Tapi dengan cara ini, ayamnya jadi super empuk, bahkan Bree yang masih umur 1 tahun aja nggak kesulitan makannya. 

Trus kalo masak ayam ungkep ini, saya bikinnya agak banyak sekalian.  Sebagian diplastikin dan disimpan dalam freezer. Nanti kalo saya lagi pergi-pergi dan nggak kekejar pulang cepet untuk masak, saya tinggal SMS ke Oni, "Di lemari es ada ayam ungkep. Tinggal goreng aja, Bang." Beres! Mamak bisa lanjut jalan-jalan dengan tenang tanpa perlu mencemaskan keluarga di rumah makan siang pake lauk apa. 

Nanti ya, kalo sudah sudah nyoba bumbu-bumbu yang lain, hasilnya saya pajang di blog atau instagram. Moga-moga nggak lupa. Hehehehe..... 

Kamu juga kepengen beli? Belinya di sini lho, cyn: 

WA:   081235818936 / 0817397799

Jangan khawatir, walaupun hanya dapat diorder secara online dan dikirim dari Bangil, tapi bumbu-bumbu buatan Ibu Nur ini lumayan tahan lama. Rasa dan kualitas tidak akan berubah walaupun lama pengiriman 5 hari.

Biar nggak bolak balik keluar duit buat ongkir, belinya sekalian banyak aja. Bumbu Tumis Siap Pakai Bu Nyai ini bisa bertahan lebih dari 6 bulan apabila disimpan di dalam freezer.  Wis to, pokoknya instant dan praktis lah pake bumbu-bumbu buatan Ibu Nur inih.

Will I repurchase? YES! YES! YES!!!!!

15 comments:

  1. I love youuuuu mak feellll

    ReplyDelete
  2. Wahhhh....., enak nih kayaknya.
    mau donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, Cyn. Buruan deh masak sana

      Delete
    2. udah mak, abis banyak nih
      wkwkwkwkwk......

      Delete
  3. Bumbu instan cocok buat aku yg gak bisa bedakan mana merica, kemiri dan jahe-lengkuas-kunir. Hwakaka.

    ReplyDelete
  4. Kayaknya aku hrs beliiiii... Apalagi kalo mba ARt sdg mudik giniii :p..

    ReplyDelete
  5. wah....gua pecinta bumbu instant hahahaha... model kayak rendang gitu, selalu masak pake bumbu instant... hidup uda susah ya, ga usah dibikin susah lagi... kalo ada yg gampang kenapa engga hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahahaha... kita sepaham kalo gitu, mel

      Delete
  6. Waaah, boleh juga neeh, saya baru tahu bumbu instan Bu Nyai ini. Makasih ya, Mbak :)

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....