Sunday, May 14, 2017

Ibu-Ibu Kekinian ala Instagram

Ada yang suka ber 'me time' ria dengan maen Instagram? Sama, saya juga. Saya paling demen ngepoin postingan ibu-ibu kekinian di Instagram. Kenapa? Karena senasib, ya to. Sambil kepo, saya juga bisa nyari ide yang bisa saya terapkan di rumah saya. Eh tapi saya juga kepo-kepo liat IG nya Awkarin, kok. Hihihihihi....

pic from: IG: @tvllankz
Nggak kece banget ya? Me time kok maen IG. Opoooo ikuh.

Iya habis mau gimana lagi. Kepengennya sih me time dengan nongki-nongki cakep di setarbak, shoppang shopping kece di mall, seharian ngedon di spa perawatan dari ujung rambut sampe ujung kaki, gitu ya. Tapi apa daya, daku emak-emak dengan dua bocil. Kalo saya me time nya di luar, trus dua bayek itu siapa yang ngurus coba? Kalo bawa bocils, itu namanya bukan me time, tapi rempong time. Arg!


Jadi ketika saya lagi senggang, ya itu tadi, saya memilih ber me time ria dengan melihat-lihat IG nya para mahmud kekinian di IG aje. Er... ya nggak cuma waktu senggang aja sih sebenernya. Kadang pekerjaan rumah belum kelar juga saya tinggal maen IG. Hahaha.... Seru dan bikin kepo terus, sih.

Ye khan ye khan? Teman-temin pasti banyak yang sependapat dan senasib dengan saya. 


KEKINIAN KALO JADI MEMBER  UPLOAD KOMPAKAN 
Di awal-awal saya maen instagram, saya inget banget tuh Mbak Echi Sofwan baru aja bikin komunitas Upload Kompakan (UK). UK adalah komunitas Instagrammer perempuan yang memiliki hobi sama, yaitu fotografi.  Setiap hari, para kompakers (istilah untuk menyebut member UK) diminta untuk posting foto sesuai tema yang ditetapkan oleh UK. Temanya tentu berganti-ganti setiap hari. Kadang alat masak, warna, buku, pokoknya benda apa saja yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Tapi seinget saya, yang paling sering adalah tema makanan.

Ini lho IG nya Mbak Isna. Salah satu selebgram yang paling sering saya kepoin IGnya di jaman UK mulai booming. Sampe saat ini dese tetep konsisten dengan food photographynya di IG. Kualitas fotonya jangan ditanya, selalu kereeen dan memanjakan mata (tapi menyiksa perut, soalnya bikin ngiler.)

Saya juga pernah dibantu bikin foto display sambel jualan saya lho. Udah lama banget, sih. Waktu saya masih tinggal di Bali dulu.

Di masa UK lagi heits, ibu-ibu kekinian berlomba-lomba membeli pritilan lucu yang dapat dijadikan properti foto. Alas foto dan kain bulu kayaknya merupakan dua benda paling wajib yang harus dimiliki. Hihihihihihi.... Eeee, saya waktu itu nggak ikut beli begituan. No, bukan karena saya anti mainstream, tapi nggak boleh sama Oni. Ih, Oni pelit!

Jadilah untuk dibilang kekinian, ibu-ibu kekinian ini (sekali lagi, saya nggak termasuk. Karena saya nggak boleh beli pritilan foto sama si Oni. Huh!) berlomba-lomba majang foto masakan dan pritilan-pritilan unyu.


KEKINIAN KALO JADI  IKEA LOVER
Setelah euforia UK sedikit surut (sedikiiiiit), giliran gaya tatanan rumah bertema shabby chic dan furniture bergaya scandinavian mulai ngetrend di kalangan bu ebu kekinian. Trend ini makin booming ketika  IKEA membuka gerai di Indonesia.

Baca juga: Menata Rumah dengan Gaya Shabby Chic

Apa hubungannya shabby chic & scandinavian style dengan IKEA? Lha embuh. Barang-barang shabby dan scandi khan sebenernya bisa dibeli di mana aja ya? Nggak cuma di IKEA. Tapi entah mengapa, boomingnya kok baru setelah IKEA masuk ke Indo. 

Barang-barang IKEA yang nampaknya booming setengah modar sampe-sampe di hampir semua akun IG selebgram bergenre 'mahmud' majang benda tersebut di rumahnya adalah ..... (ada yang tau?).....
Yak betul!!! Rak Lerberg!

Iya cuma gitu doang modelnya. Tapi ya ampun, seriusan, rak ini kayaknya sudah jadi semacam benda wajib, benda pusaka, prasyarat mutlak kalo mau jadi mahmud kekinian di IG.
Nggak ada selebgram khusus yang sering saya pantengin. Saya biasanya berkepo-kepo ria di sini: 
 
@shabbysweet_home ini akun yang yang isi postingannya cuma repost aneka foto-foto interior bergaya shabby milik orang lain. Nah, Kalo ada foto yang menarik perhatian saya, baru deh saya meluncur ke IG pemilik foto asli tersebut.

Saya sendiri bukan penggemar shabby chic. Jadi saya nggak mengikuti trend sebi-sebian beginih. Masalah dekor dan tata menata rumah, saya masih struggle dengan urusan beberes rumah yang kayaknya nggak pernah kelar sepanjang hari. Padahal rumah saya cuma seiprit lo ya. Auk lah. Nggak usah dibahas lebih lanjut daripada kepala saya migren. *nglirik tumpukan maenan yang berserakan di ruang tamu.  


KEKINIAN KALO JAGO DIY
Suka kepo-kepo IG nya Mbak Bayi, nggak? Itu lho, celebgram yang demen bikin-bikin tutorial DIY pritilan rumah. 

Yes, akhir-akhir ini ibu-ibu kekinian juga gemar ber DIY ria. Coba deh liat hastag #uploaddiy di IG. Banyak banget postingan DIY ibu-ibu kekinian di sana. Dari DIY asal-asalan yang hasilnya nggak seberapa bagus sampe DIY keren yang hasilnya mengundang decak kagum.

Di ai wai di ai wai an begini saya demen, nih. Dari dulu saya memang lumayan suka mengerjakan prakarya. Semasa sekolah nilai pelajaran seni dan prakarya saya selalu bagus, lho. Hehehehehehe....


Intinya, sebenernya ibu-ibu kekinian di IG ini ya samirawon lah ya kayak saya. Mereka banyak menghabiskan waktu di rumah entah karena harus jaga kandang sementara suami bekerja di luar atau karena anaknya masih kecil. Jadinya mereka ber me time ria dengan mengerjakan hal-hal seru yang tentunya bisa dilakukan di rumah. Dari moto-moto masakan, nata rumah, bikin prakarya.


Salah satu teman saya bilang, 'Halah, foto-foto IG nya begitu, belum tentu kenyataannya sama dengan di foto. Paling juga aslinya rumahnya berantakan, pas mau difoto aja deh itu rumahnya dirapi-rapi." Ada juga yang berucap, "Sebenernya kasian ya mereka. hanya demi supaya eksis di IG sampe bela-belain pencitraan begitu."

Iya, ucapan teman saya ini mungkin ada betulnya. Beberapa orang bisa jadi upload-upload begitu hanya karena mengikuti trend yang sedang hits saja.  Tapi bagi saya, apapun story behind the picture-nya, tetap saja ibu-ibu ini sangat layak diapresiasi lho. Kalaupun niat awalnya hanya untuk pamer atau pencitraan, at least mereka sudah ada effort untuk memasak, menata rumah, atau bikin-bikin begitu. Let say, penyemangat dan penambah motivasi buat semakin rajin dan menikmati tugas sebagai IRT ye kaaaaan. Secara jadi full time  IRT itu bukan pekerjaan yang mudah dan kerapkali membosankan. *eh lha kok jadi curcol. Langsung atau tidak, suami dan anak-anak pasti juga merasakan manfaat baiknya. Paling manyun-manyun sedikit karena bininya ngomel, "Eeee, jangan dimakan dulu. Mau difoto dulu buat dipajang di IG." Hihihihi..... *teteup yeeee






12 comments:

  1. Mbak, kalo dasarnya udah pingin nyinyir mah, kegiatan apapun tetap dinyinyirin mbak. Yg penting kan emang kegiatannya kita pandang positif yah. aku lg belajar food photography nih mbak. Ada saran akun ig yg bisa difollow ndak ? Hehehe. Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IG ne isnasutanto dan anitajoyo mantep tuh Mbak. tapi entah mengapa, dua-duanya konsepe suka dark2 gitu.

      Delete
  2. gua punya rak itu! berarti gua kekinian dong hahahaha... padahal waktu beli cuma mikirin simple dan murahnya doang, ga tau kalo ternyata itu ngetrend banget... tapi emang liat foto2 rumah cakep gitu bikin gua jadi termotivasi supaya rumah sendiri ikutan cakep hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, berarti kamoh juga ibu-ibu kekinian, Bok.

      Delete
  3. wah kayaknya daku kurang kekinian ya hahaha... thanks sharingnya mbk.meluncur ke IG haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong, aku juga gak kekinian. Cuma seneng kepo-kepo ibu-ibu kekinian. Hihihihi

      Delete
  4. aku mah apa atuh karena hobinya curhat jd yg dipoto journal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuzzz...... jurnalmu itu keren sangat lho, Nin

      Delete
  5. Hahaha, si ibu kepikiran aja deh nulis beginian bikin ngakak. Aku kalo di IG liat2 DIY sama yg berhubungan dengan jahit dan rajut. Kalo yg makanan suka juga, kadang pingin buat juga, tapi aku gak tega makanan harus difoto dulu sebelum disantap.

    Apalagi kalo harus liat home living, tatanan rumah yang apik2 itu... bikin mupeng aja. Jadinya aku sekip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, tatanan rumah yang kece-kece itu bikin mupeng banget ya. Huhuhuhuhuhuhu

      Delete
  6. aku juga sama klo me time mampir ke IG tp aku ga kekinian liatW Ig kek mba sebutin hahahha yg aku kepoin plg artis atau window shopping liat fashion secara pgn bgt jd pengusah fashion hahaa aamiin 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga rencana buka bisnis fashion segera terlaksana ya. Amin amin amin. Ngemeng-ngemeng, biasanya kepo-kepo IG artis siapa, Mba?

      Delete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....