Friday, December 23, 2016

Yuk Pakai Produk Asli Indonesia

Kalo teman-temin mengintip make up pouch saya, sebagian besar barang yang mejeng di sana adalah produk-produk buatan Indonesia. Ada sih beberapa brand luar, tapi jumlahnya nggak banyak. Yes, untuk urusan blanja-blanji kebutuhan pribadi, termasuk make up dan skin care, saya termasuk orang yang lebih suka pake produk buatan dalam negri. Kenapa begitu? Jujur, alasan utamanya adalah karena harganya relatif lebih murah dibanding produk impor. 

Apalagi sejak punya anak, mau beli barang yang harganya 'mewah' dikit suka pikir-pikir dulu. Bukannya nggak mampu, (tapi nggak rela dan ngeluarin duitnya kudu setengah ngeden, haha..) tapi gimana sih ya pemikiran emak-emak. 

Misal kepengen  lipstick mihil, nih. Kalo dulu, saya nggak bakalan banyak pikir, langsung aja beli. Tapi kalo sekarang, saya pasti itung-itung dan bingung-bingung dulu (yang biasanya karena kebanyakan itung dan bingung, akhirnya gak jadi beli. Eaaaakh..... )Harga lipstick segitu bisa dapet pampersnya Bree buat berapa minggu, ya? Duit segitu udah bisa dipake bayar 1 bulan uang sekolahnya C, nih. Masih dapet kembalian pula. Gimana kalo saya udah terlanjur beli mahal-mahal tapi nggak cocok? Belum lagi kalo produknya nggak habis-habis sampe tanggal expired, khan rugi kitanya udah keluar duit. Helah, mau beli lipstick aja mikirnya udah kayak mikirin urusan negara, bok. Ya maklum, lah, saya memang emak-emak yang kadang pemikirannya ruwet. Hahahaha....

Oh ya, selain itu, ini alasan saya memilih skincare dan kosmetik buatan dalam negri:


Lebih cocok dipake orang Indonesia 
Namanya juga produk asli 100% Indonesia, otomatis pasti disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi orang Indonesia. Baik dari segi tekstur, warna, dan sebagainya. Jadi kemungkinan besar cocok kita pake.

Beberapa tahun yang lalu, saudara sepupu saya yang baru saja berpergian dari Eropa datang membawa oleh-oleh body lotion. Dia bilang body lotion ini produk bagus dan saya tahu harganya nggak murah. Tapi begitu saya pake, kulit saya berasa berminyak banget. Jadi lengket-lengket nggak nyaman, apalagi kalo hawa lagi panas dan tubuh saya lagi kemringet.

Akhirnya body lotion mahal itu dengan berat hati saya buang karena mama dan saudara-saudara saya yang lain juga nggak ada yang mau pake. Alasannya sama, kulit jadi berasa kayak diblonyoi minyak goreng. Hahahahahaha..... Ya mungkin karena body lotion ini dibuat untuk bule yang kulitnya suka kering karena hawa dingin di Eropa sonoh. Lha kalo dipake di Indonesia ya kurang cocok, lah yaw.

Kualitas nggak kalah dibanding produk impor
Yes, produk buatan Indonesia sekarang sudah banyak yang bagus kualitasnya. Bahkan nggak sedikit yang kualitasnya melebihi produk impor. Padahal harganya jauh lebih murah.

Hm... kalo dipikir-pikir, sebenernya bukan lebih murah, ya. Produk impor pasti harganya juga murah kalo dijual di negara asalnya sana. Cuma karena dijual di Indonesia, jadi kena ongkos kirim, pajak impor, dan sebagainya, jatohnya jadi mahal. It means, sebenernya harga mahal yang kita bayar itu sebagian besar bukan untuk membayar nilai produk, tapi lebih ke biaya blukutuk-blukutuknya itu.

Walaupun saya bukan produksen kosmetik di Indonesia (yakaliiik. hahahahaha...) saya bangga banget lho kalau ada saudara yang dari luar negeri beli kosmetik Indonesia untuk dijadikan oleh-oleh. Kata tante saya yang tinggal di Hongkong, temen-temennya pada ketagihan waktu dicobain kosmetik buatan Indonesia. End up akhirnya mereka suka nitip dibeliin setiap kali tante mudik ke Indonesia. Di sana ada sih toko yang menjual barang Indonesia, tapi jumlahnya nggak banyak, dan harganya lebih mahal.

Ternyata orang asing juga gemar pake produk buatan Indonesia. Masa kita yang orang Indonesia sendiri malah lebih demen pake produk impor. Kepriben, to?

Nyarinya gampang 
Kalo kita udah cocok dan rutin pake suatu produk, khan kudu repeat order, tuh. Kalo pakai produk lokal, ya tinggal ngesot ke toko kosmetik depan gang. Nggak perlu repot nitip ke sodara yang mau pergi ke luar negri, khan.  Yang dititipin juga belum tentu seneng. Orang mau jalan-jalan kok disuruh hunting barang titipan kita, ya to.

Sebagaimana penantian cinta adalah hal yang paling menyiksa (halah), saya juga males kalo disuruh beli produk yang sistemnya pake PO.  Nunggunya kelamaan dan keburu lupa, Cyn. Wes lah, mending beli produk dalam negri aja. Kalaupun mau beli secara online, biasanya barangnya pasti ready stock. Paling juga makan waktu 1-3 hari nunggu barang kita tiba di tangan.


Produk lokal gitu juga dijual online? Iya dong, ah. Di jaman serba digital begini, semua perusahaan dalam negeri berlomba-lomba memanjakan pelanggan dengan aneka bonus dan kemudahan belanja. Pastinya biar nggak kalah saing dengan produk impor. Salah satunya dengan cara menyediakan fitur order pada website resmi mereka atau bekerja sama dengan marketplace-marketplace besar yang ada di Indonesia.

Marketplace favorit saya, yaitu blibli.com juga ikut mendukung dan menjual produk asli buatan Indonesia.  Bahkan menurut saya, blibli.com lumayan concern dengan produk buatan Indonesia. Coba deh intip websitenya.

Di homepage, kalo kita pencet menu 'KATEGORI BELANJA', di bagian paling bawah kita bakal nemuin kategori 'GALERI INDONESIA'. Pilih, deh. Akan muncul seabrek-abrek produk-produk yang merupakan  100% Produk Kreatif Asli Indonesia. Nggak hanya produk skincare & make up, tapi juga produk kuliner, home deco, pakaian, bahkan tiket dan travel lokal Indonesia. Lengkap ya?

Ngemeng-ngemeng,  blibli.com tidak membebankan ongkos kirim kepada pembeli lho. Kecuali untuk pembelian barang tertentu, televisi, perlengkapan bayi, dan makanan. Makanya saya demen banget blanja blanji di sunu.

Back to the topic, karena saya demennya kepo-kepo produk kosmetik, jadi saya langsung memilih sub kategori 'GALERI PRODUK KECANTIKAN'

Jreng! Di halaman pertama Galeri Produk Kecantikan langsung mejeng Wardah Intense Matte Lipstick no.11 yang memang sudah lama saya incer. Harganya sama dengan harga resmi counter Wardah. Ya ampun! Gimana tangan saya gak gatel pengen pencet tombol beli.

Syenang...syenang... hatikuh syenang! Untuk pembelian lipstick Wardah yang saya inginkan bayarnya bisa COD alias waktu barang dianter ke rumah. Trus kalo kita mau, produk yang kita order itu bisa di drop di 7-eleven terdekat. Well, saya nggak pernah pake fasilitas ini, sih, soalnya di Malang masih jarang berdiri 7-Eleven. Teman-temin sudah ada yang pernah mencoba fasilitas ini? Cerita, dong.

*UPDATE:  
Dapet bonus Nescafe Green Coffe, Cyn.
Lipstick pesanan saya tiba Senin, tanggal 26 Desember. Termasuk cukup cepat khan, mengingat saya order barangnya hari Jumat, tanggal 23 Desember. Selain terkena jeda weekend, tanggal 26 Desember bukannya hari cuti bersama, ya? Perkiraan saya, Blibli.com baru akan mengirim barang saya tanggal 27 Desember.
 
Kualitas lipsticknya,seperti yang sudah saya duga. Enak banget dipake. Terasa ringan di bibir, dan mudah diaplikasikan. Cukup satu kali oles warnanya udah keluar dan merata di bibir saya. Walaupun nggak termasuk warna nude, tapi  Wardah Intense Matte Lipstick no.11 ini terlihat natural di bibir saya. Cocok dipake untuk acara santai maupun acara formal. Oke dipake buat jemput anak sekolah ataupun ke pesta. Suka, deh. 

source: blibli.com
Next time, saya mau beli batik sarimbit di blibli.com, ah. Sudah lama saya kepengen pake baju couple bareng si Oni.  Biar keliatan keren dikit kalo pergi ke kondangan. Hihihihi. Eh, kalo sarimbitnya merah dan berkerah shanghai kayak gini, kayaknya cucok nih dipake waktu Imlek, yes?

12 komentar:

  1. hihihihi eymberan mak..gue juga demen kosmetik yang lokal aje...alesannya ya biar kaga ribet belinya, hihhihi...dan so far, cucook2 aja produk2nya... ;)

    sakses yaa ngontesnya... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa. Toss dulu lah sinih. Ploduk-ploduk Indonesia memang oke kok kualitasnya.

      Delete
  2. Wah, di blibli ada kategori khususnya ya? Aku malah baru tau. Bagus juga, nih. Kebetulan mulai beberapa bulan lalu aku pakai kosmetik Indonesia. Alasannya karena ada Sariayu yang udah ada label cruelty free nya. Kalau yang lain (luar) kan pasti harganya lebih mahal dan belum tentu cruelty free, hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ndi. Sekarang blibli punya kategori khusus produk made in Indonesia. Keren ya, bok. Oh ya, SA udah cruelty free? Wah, nice info. Jadi makin sukak pake eyeshadow SA

      Delete
  3. Waduh, pengen ngomen soalnya.. Hanya saja saya benar-benar ga ngerti dengan urusan kecantikan ini.. Bukan pelaku soalnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.... Kalo pelaku lak serem, Pak? Tapi boleh lah cowok juga belanja belanji produk kecantikan. Buat dihadiahin ke istri/pacal. Ahay....

      Delete
  4. Aku udah nyobain salahsatu produk Indonesia ini mbak, dan walaupun hrganya mayan terjangkau, kualitasnya tetap nggak kalah juga, bagusnya hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. kualitas tetep yahud ya walaupun harga lebih mureh. Hihihihi

      Delete
  5. Wardah termausk produk lokal yang cocok ma saya. Harganya terjangkau pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok di hati, cocok di kantong, cocok di kulit ya Mbak. Hehehehe

      Delete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....