Friday, November 11, 2016

#TravelioMore: Mengapa Bukan di Hotel?

Lebih Leluasa
Alasan paling wahid emak-emak rembay dengan dua baby kayak saya, nih. Kalo nginep-nginep, jangan di hotel, deh. Lebih leluasa nginep di apartment or rumah, atau sekalian aja sewa villa. Karena kamar hotel nggak ada dapurnya, Cyn. Nggak bisa masak-masak dan manasin makanan bayi. Kudu nelpon petugas hotel dulu kalo butuh air panas. Belum lagi si C kalo lagi maen sama bapaknya ribut banget. Sementara Bree kalo nangis suka dikenceng-kencengin. Masa kalo Bree nangis kudu saya bekep mulutnya biar nggak ganggu penghuni kamar sebelah? Ngebayangin itu aja udah bikin saya males bepergian kalo nginepnya harus di hotel. Bukannya liburan keluarga, yang ada malah saya stress sendiri. Hadeuh....

Ngemeng-ngemeng tentang liburan keluarga, keluarga besar mama saya demen banget pergi berlibur bareng. Karena nggak ada yang tinggal dalam satu kota dan jarang ketemu, jadi begitu ngumpul, jatah ngobrol selama 6 bulan dirapel dalam 3 malam. Walopun tiap keluarga udah ada kamar sendiri-sendiri, pasti mereka bakal ngumpul di satu kamar. Sempit-sempitan tak mengapa, asal bisa ngobrol sampe pagi. Jadi kegiatan utama liburan keluarga besar adalah: ngobrol. Pokoknya di mana-mana ngobrol. Ngobrol terus sampe bibir varises. Hahahahahaha......

Kalo nginepnya di villa atau rumah sewa khan enak, tuh. Kami nggak perlu uwel-uwelan di salah satu kamar. Selain itu, nggak ada yang kamarnya acak-acakan karena dikorbankan jadi 'mabes'. Acara ngobral ngobrol jadi lebih nyaman karena ada ruang keluarga atau ruang makan. Plus bisa bikin acara, games, kejar-kejaran, dan sebagainya.

Lebih muat banyak dan  murah
Yak, betul! Sewa apartment, villa, atau rumah muatnya lebih banyak dan jatuhnya relatif lebih murah dibanding hotel. Kalau menginap di hotel, walaupun kita sudah minta extra bed, tetep lah ya ada  batesan berapa orang yang boleh tinggal di dalam satu kamar. Lain halnya dengan menyewa villa/rumah/apartment, kita bebas mau masukin berapa orang. Tergantung kitanya aja sih, membutuhkan tingkat kenyamanan sejauh apa. 

Apalagi kalo menginapnya dalam rangka backpacking rame-rame dan cuma butuh tempat nebeng tidur, meletakkan barang bawaan, plus mandi, saya rasa uwel-uwelan bobok ala ikan sarden di dalem apartment juga nggak masalah, khan. Toh sebagian besar waktu lebih banyak dihabiskan di luar penginapan.

Di beberapa kota, biaya sewa apartment/rumah/villa jauh lebih murah dibanding hotel di lokasi yang sama.  Apalagi kalo kita perlu menginap dalam jangka waktu agak lama.

Satu contoh, ketika saya masih tinggal di Bali, kami memilih tinggal di sebuah puri yang oleh pemiliknya sudah dialihfungsikan menjadi semi apartment. Biaya sewa 1 unit apartment tipe studio per 15 hari adalah Rp. 700.000,- . Sedangkan tarif hotel yang letaknya tak jauh dari puri tempat kami tinggal adalah sebesar Rp. 300.000,- per hari. Bila dikali 15 hari, harga menginap di hotel adalah sebesar Rp. 4.500.000,-  . Hampir 7 kali lipat!

Padahal  fasilitas yang didapat kurang lebih sama, lho. Yaitu kamar plus perabot standard, AC, kamar mandi dalam yang ada bath up dan air hangatnya. Bahkan menurut saya, puri suasananya lebih asri dan hommy.

Penampakan gerbang puri. Adem dan hommy banget
Bedanya cuma, di puri tempat kami tinggal nggak ada telepon yang terhubung dengan petugas resepsionis. Jadi kalo butuh apa-apa kudu ngesot ke kantor puri. 

Selain itu kita kudu bayar listrik sendiri. Hm.... apa lagi ya. Oiya, kita juga nggak dapet morning coffe dan jasa bebersih kamar harian kayak di hotel.

Tapi bisa kok kita minta mbak pegawe puri untuk bersih-bersih unit kita sekalian nganter kopi tiap pagi. Cukup kasih kopi dan gula, serta tips untuk si mbak. Kalo ditotal, biaya sewa unit ditambah biaya pulsa listrik, biaya kopi, dan tips buat si mbak jumlahnya tetep jauh lebih murah, nggak sampe sepertiga biaya tinggal di hotel. Serius! 

Privasi lebih Terjaga
Teman-temin membutuhkan tempat menginap dengan privasi lebih? Sewa rumah atau villa bisa menjadi pilihan paling tepat.

Emang nginep or sewa kamar di hotel kurang privat, ya?  Hooh, menurut saya, dalam hal-hal tertentu  memang hotel kurang privat. Misal nih, kita lagi bikin acara khusus di hotel, let say akad nikah. Acara jadi berasa nggak sakral banget khan, kalo pas tengah prosesi ijab kabul ada backsound suara gedebak gedebuk orang lari-larian di koridor hotel.

Atau mungkin pas lagi kepengen berenang syantiek sambil menikmati sejuknya senja, eh tiba-tiba ada anak kecil lempar-lempar rempeyek ke kolam renang. Kayaknya anak seumuran C emang tingkat keusilannya tinggi, ya? Dese mengira kalo nglempar makanan ke kolam renang, orang-orang yang berenang di situ bakal berbondong-bondong mendekat sambil mangap-mangap kayak koi. *nutup muka pake tangan terus pura-pura nggak kenal. 

Makanya, nginep di villa yang ada private poolnya aja. Pasti nggak ada yang ganggu. Apalagi kalo acara nginepnya dalam rangka bulan madu. *ihik.....


Gimana? Lebih worth it khan dibanding menginap di hotel? Secara space lebih gede. Harga lebih miring. Dan masih banyak kelebihan lain. 

Jangan khawatir, sekarang nggak susah kok nyari info tentang sewa villa/rumah/apartment. Khan ada www.travelio.com say. Situs penyewaan apartemen, rumah, villa, dll secara harian/mingguan/bulanan dengan inventori di lebih dari 12.000 properti yang tersebar di berbagai kota/negara di wilayah Asia-Pasifik. Wow!

Di Travelio.com kita gak cuma bisa milih properti yang disewakan dengan aneka pilihan harga, tapi kita juga bakal dibantu untuk booking. You know what, Travelio.com nggak mengenakan  biaya administrasi tambahan ataupun charge pembayaran pake kartu kredit. Free hidden cost, no jebakan betmen lah pokoknya. Asyik khaaaaaan.....

Makanya, bagi teman-temin yang sedang merencanakan bepergian ke luar kota dan lagi nyari-nyari tempat menginap, yuk cuss maen-maen ke Travelio.com. Cara mendaftar dan melakukan transaksi di situs itu gampil banget. Nggak rempong sama sekali.

Dapetin juga diskon sebesar 40% untuk menyewa rumah/apartment/villa melalui Travelio.com dengan menggunakan kode voucher di bawah ini:

#TravelioMore: More Choice, More Space, More Value

*) SYARAT DAN KETENTUAN PEMAKAIAN VOUCHER:
  • Kode hanya bisa digunakan untuk pemesanan tipe properti Apartment, House, dan Villa yang tersedia di situs web Travelio.com, baik di desktop, mobile web, maupun aplikasi “Travelio”;
  • Kode berlaku sampai dengan tanggal 30 November 2016 pukul 23.59 WIB;
  • Nilai maksimum diskon yang dapat dinikmati setiap pelanggan adalah sebesar Rp300.000,00;
  • Setiap pelanggan hanya bisa menggunakan kode sebanyak maksimal 1 (satu) kali;
  • Kode voucher hanya bisa digunakan oleh pelanggan yang telah registrasi dan login saat melakukan pemesanan;
  • Kode voucher tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya atau dengan penggunaan Travelio Reward Point; dan
  • Travelio berhak membatalkan pemesanan apabila terjadi penyimpangan atau pelanggaran pada Syarat dan Ketentuan ini maupun Syarat dan Ketentuan layanan Travelio.com.

8 komentar:

  1. Wah asik banget nih pake travelio.com, ada fitur tawarnya, udah gitu ada diskon 40% pula, menginap serasa dirumah sendiri jadi lebih menyenangkan bersama travelio. Apalagi mau natal dan tahun baru nih, pasti liburan akan semakin menyenangkan ^_^

    ReplyDelete
  2. Bàgus,informatif banget...baru tau fitur dr travelio yg worth it gini. artikel keren dgn kata" yang lancar mengalir dan persuasif...👍👍👍cakeeeeepp mamih!

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....