Thursday, February 11, 2016

DIY: Campur-Campur Warna Lipstick

Alkisah, saya punya 3 buah lipstick yang jaraaaaang banget saya pake. Yaitu Wardah no. 26 shade Mango. La Tulipe Matt Lipstick no 217 shade Daisy, dan Revlon Super Lustrous Lipstick Creme no 415 Shade Pink in The Afternoon.
 

Di Youtube, saya liat beberapa beauty guru mencampur lipstick dengan cara diletakkan di sendok trus dipanaskan di atas lilin. Saya nggak suka pake cara ini, karena ibarat masak, lipstick dalam sendok khan langsung kena panas dengan suhu ekstrem. Nanti lak gosong, jek? Jadi saya coba cara lain, yaitu dengan cara mengukus.

Mau tau step by step pembuatan lipstick kukus ala saya? Cuss, disimak resep di bawah ini. 

Bahan: 
- Beberapa lipstick yang mau dicampur warnanya. 

Alat: 
- Jar kecil tahan panas (saya pake yang berbahan kaca)
- Sendok
- Tusuk gigi 

- Aluminium foil

Cara pembuatan: 

1. Sebelum mencampur warna lipstick di jar, cobalah mencampur warna lipstick dalam jumlah kecil untuk menentukan perbandingan bahan lipstick sehingga menghasilkan warna yang kita inginkan. 
Caranya dengan mengoles lipstick ke punggung tangan menggunakan kuas lipstick. Adapun perbandingan bahan yang saya pakai dalam membuat lipstick kukus kali ini adalah:
      2:1:1 untuk Revlon 415 : Wardah 26 : La Tulipe 217
2. Sterilkan semua alat yang digunakan (kecuali aluminium foil).  Pertama bilas alat-alat tersebut dengan air mendidih, Selanjutnya bilas dengan alkohol. Pastikan semua alat kering sebelum digunakan. 

3. Ambil lipstick-lipstick yang akan dicampur menggunakan sendok. dan letakkan ke dalam jar kecil. 
Lipstick-lipstick yang sudah saya penggal. Sereeeeem......

 
4. Tutup jar menggunakan aluminium foil. 

5. Panaskan panci kukusan. Ketika air dalam panci kukusan sudah mendidih, masukkan jar ke dalam panci kukusan sampai lipstick dalam jar benar-benar mencair. Kalo saya ngukusnya kurang lebih 2 menit aja. Lebih cepet dari masak Indomie, khan. Hihihihihi....

6. Keluarkan jar dari kukusan. Buka tutup aluminium foil, dan aduk adonan lipstick menggunakan tusuk gigi sampai warna lipstick benar-benar tercampur sempurna. 

7. Rapikan cairan lipstick yang mbleber di tepi-tepi jar (biar rapi aja, sih. Tapi kalo saya sih enggak, ya. Sayang lipsticknya kebuang. Mending dibiarin aja). Lalu tutup jar menggunakan kapas/tissue bersih jangan tissue bekas ngupil dan masukkan ke dalam freezer selama 10-20 menit.Pokoknya sampe lipstick dalam jar kembali mengeras gitu lah.
Voila! Lipstick kukus siap disantap!!!

Mari kita lihat penampakan dan perbandingan warna lipstick kukus yang saya buat dengan ketiga warna lipstick yang saya pake untuk membuat lipstick kukus.

Cakep khan hasilnya? Dominan warna Revlon 415 tapi sedikit lebih tua dan magenta kayak La Tulipe 217, serta ada sedikiiiit aksen warna oren kayak Wardah 26. Sesuai dengan yang saya mau dan bisa lebih sering saya pake sehari-hari. 

Kalau teman-temin sendiri bagaimana? Apa yang biasa kalian lakukan kalo punya lipstick yang jarang kepake atau bahkan nggak dipake sama sekali?



12 komentar:

  1. aku klo ada lipstik yg jarang kepake sih, ya mensiasatinya dengan cara....

    dipake.

    -sekian- :))))))

    ReplyDelete
  2. saya termasuk yang jarang pakai lipstik cuma 1 warna. Suka dicampur-campur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akika gak suka mak kalo campur2nya dengan cara ditimpa-timpa. Suka jadi gak rata gitu. *gayakemayu

      Delete
  3. serem amat fel dipenggaalll
    btw aku lebih suka lipstick yg liquid sih... hehe
    eh pertanyaan soal skm, aku kasihnya secukupnya doang nggak banyak2, aku ga doyan manis2

    ReplyDelete
  4. Keren... sampe lipstik dikukus...kemana aje gua selama ini. Hahaha...tapi kayaknya gua nga bakalan kerajinan kukus lipstik segala. Makan indomie aja, si mbak yg masakkin.

    kalo gua type setia 1 lipstik yah dipake terus sampe abis bahkan saking setianya beli lagi warna dan no yang sama. Jaman kuliah sering beli revlon. Karena skrg udah kayaan dikit belinya body shop atau etude. Hahaha... tapi kadang beli revlon kok, mengenang masa muda dulu.

    ReplyDelete
  5. gw biasanya di adon di bibir langsung Fel, resikonya yaa kadang mbrudul :D

    ReplyDelete
  6. ealaaah ternyata ada juga lipstik kukus yak hahahaha

    tapi emang sih warnanya jadi cakep gitu ya.. tapi mbayangin harus sterilin ini itunya kok ya muaaless...;p

    ReplyDelete
  7. Aku suka begini, hehehe. Tapi agak lain sih, aku melt pakai microwave dan campur-campur seenaknya. Biasanya sih ujung-ujungnya dibuang atau dijadiin bahan buat corat-coret kertas :'D

    ReplyDelete
  8. wah boleh juga tipsnya nih. ini caranya sama dengan ngetim coklat blok ya

    ReplyDelete
  9. wah.. boleh juga nih idenya..
    ada beberapa lipstick ga kepake karena ga cocok ama warnanya.. beli online suka beda warna di layar dan aslinya..
    tapi jadinya kudu pake kuas ya..

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwk... Kepikiran banget sampe dikukus segala mba.. :p. Belum pernah lakuin gini sih.. Aku tipe yg kalo pake lipstik setia.. Tp seandainya ga cocok, aku buang hihihi :D. Coba lah ntr sesekali pake cara ini :D

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....