Monday, February 22, 2016

4 Hal Unik tentang Kota Malang


1. Airnya Dingin
Kota Malang memang sudah tidak sesejuk dulu. Saya inget banget, tahun 97-an, waktu saya baru masuk SMA, temen-temen saya yang berasal dari luar pulau atau luar kota lumayan shock dengan hawa pagi kota Malang yang dingin. Sampe-sampe ada yang nanya, "Eh, kelas kita nggak dipasangin penghangat udara apa ya? Dingiiin." Itu baru kota Malangnya, ya. Belum daerah pegunungannya yang lebih dingin lagi. Kalo sekarang, wolaaah, samirawon kayak kota-kota lain. Puanas, Jek.

Tapi anehnya, sepanas apapun hawa kota Malang, airnya tetap dingin dan sejuk, lho. Seriusan! Coba kalo teman-temin kebetulan berkunjung ke kota Malang, silahkan mencoba mandi pake air sumur atau air PDAM. Ish... segerrrr!Tapi jangan coba-coba mandi subuh pake aer dingin di daerah pegunungan. Dijamin kalian bakal jejeritan kedinginan. Hihihihihi.....


2. Suka Menambahkan Kata 'a' Sebagai Pengganti Kata 'kah'
Mirip-mirip dengan tetangganya, kota Surabaya. Kalau orang Surabaya suka mengganti kata 'kah' dengan 'ta'. Misalnya ketika bertanya, "Kamu sudah lapar kah?" orang Surabaya akan menggunakan kalimat begini, "Kamu sudah makan, ta?" Sedangkan orang Malang akan berkata seperti ini, "Kamu sudah makan, a?"


3. Ke Malang
Ehm, kurang lebih mirip-mirip orang Jakarta gitu kali, ya. Walaupun Jakarta juga terletak di pulau Jawa, mereka suka mengistilahkan 'Jawa' untuk daerah Jatim atau Jateng.

Kenapa orang Jakarta ngomongnya kayak gitu? Mungkin yang mereka maksud dengan 'Jawa' itu lebih ke tempat-tempat yang menggunakan bahasa daerah Jawa, bukan tempat-tempat yang terletak di pulau Jawa. 

Trus kalo orang Malang? Nggak tau deh apa alesannya. Orang Malang mau bepergian ke pusat kota Malang, ngomongnya selalu, "Aku mau ke Malang." Hihihihihi.... 


4. Ngomong Kebolak Balik
Kebiasaan ini juga saya kurang tau gimana asal usulnya. Orang Malang suka banget pake ungkapan-ungkapan dengan cara membalik kata. Misalnya mereka suka ngomong 'nakam' untuk mengistilahkan 'makan' atau 'uwak' untuk mengistilahkan 'kamu'.  




Apakah teman-temin pernah berkunjung ke kota Malang? Adakah hal unik yang pernah kalian temui selain yang saya sebutkan di atas? Kalau kota tempat tinggal kalian sendiri bagaimana? Saya yakin pasti ada hal unik yang menjadi ciri khas, bukan? Kasih tau, dong. I am curious ^_^


5 comments:

  1. Haha iya temen gw yg org malang suka ngomong nya dibalik balik tuh. :p

    ReplyDelete
  2. Hahaha, unik juga ya ngomong sampai dibolak-balik :D

    ReplyDelete
  3. Jakarta suka ngomong Jawa kadang artinya suku, ke daerah suku Jawa. Soalnya hitunga jawa barat bagi mereka kadang bukan jawa. hahaha. atau kadang ada yang menyamakan dgn provinsi. provinsi jawa gitu fel... yah kan jakarta itu provinsi, gak ikut jawa barat

    ReplyDelete
  4. kuliah selama 4 tahun di Malang membuat saya bisa sangat mencintai kota malang sebagai kota ke dua saya setelah tanah kelahiran. Sekarang kangennnn banget

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....