Wednesday, December 11, 2013

APA KABAR CLAIRINE #2: 8 DEC 2013

Sebenernya saya pengen babtisin Clairine waktu Clairine agak gedean dikit, umur 5 tahunan gitu lah. Selain karena bribet bawa-bawa bayi umur 2 bulan, saya juga pengen kelak kalo Clairine udah gede, dia punya ingatan bahwa dia 'pernah' dibabtis. Tapi setelah saya tanya sunu sini, ternyata gereja Katolik menyarankan babtisan anak sesegera mungkin, bila perlu waktu masih di RS udah babtis. Yowes akhirnya saya daftarin Clairine babtis bulan Desember ini. 
 
Bribet? Bribet opo tah, Fel? Lho iya to. Saya udah parno ngebayangin gimana kalo di tengah-tengah acara babtisan, tiba-tiba Clairine nangis kenceng, gumoh, atau apalah. Yang paling serem, gimana kalo Clairine minta susu? Padahal Clairine nggak mau minum ASI perah, maunya menyusu langsung. Mau mojok di mana??? Apalagi kalo minta susunya waktu lagi antri mau maju ke altar. Hualah!



Berhubung Clairine akhir-akhir ini paling ogah saya gendong (heraaaan, deh! Digendong orang lain mau, digendong emaknya sendiri malah nangis-nangis. Nyari emaknya cuma kalo pengen nyusu. Zzzzz.....), jadi sepanjang acara babtisan Clairine digendong si Ony. Horeeee!!!! Walaupun Clairine masi unyil, lumayan pegel ye bok, gendong baby 4,6 kg selama 2 jam. 


Entah karena keenakan digendong Ony atau emang karena Clairine udah kenyang saya susuin sampe mabok sebelum berangkat gereja, puji Tuhan banget, Clairine lebih banyak tidur sepanjang acara babtisan. Bahkan waktu pembacaan janji babtis, entah kenapa tiba-tiba baby-baby peserta babtisan nangis bebarengan (nggak cuma flu yang nular ye bok? Nangis juga nular, sodarah-sodaraaaah!!!), eh si Clairine tetep merem digendong Ony. Waktu dituangi air babtis juga dia cuma gidik-gidik dikit karena kedinginan, abis itu bobok lagi.  Pokoknya sepanjang acara Clairine anteng banget. Paling gerak-gerak dan merengek dikit karena kepanasan, setelah itu udah balik tidur lagi. Yang gendong? Jangan ditanya, keringetnya mengalir deras kayak tukang becak nggenjot tanjakan. Wkwkwkwkwk...... Emaknya? Enak-enakan kipas-kipas pake buku misa di bangku belakang, dong. Hihihihihi.....  

Lha kok duduk di bangku belakang? Iya, karena waktu itu baby yang babtis lumayan banyak, jadi yang boleh duduk di depan cuma orang yang gendong baby dan wali babtis. Maksudnya biar nggak semrawut dan baby-baby yang dibabtis nggak engap. Tapi tetep aja ribet dan semrawut banget, bok. Soalnya banyak anggota keluarga yang maju-maju ke depan altar buat ngambil foto. Padahal giliran bayi yang mau difoto masih lama. Ih ampun, deh.  

Sambil nunggu giliran Clairine, iseng-iseng saya ikutan maju ke depan.

Me: Capek ya gendong Clairine?
Ony: Lumayan. Kenapa? Mau gantiin?
Me: Nggak, cuma mau foto. 

Abis foto, saya ngloyor lagi ke belakang. Hahahahahaha......


Tuh, khan. Mas yang di belakang Ony itu, lagi nunggu keponakannya dibabtis. Padahal giliran keponakannya masih lama, dia udah maju siap-siap moto. Clairine ikut-ikutan difoto. 

Ituuuu, saya lagi megang kamera. :p







Oh iya, wali babtisnya kita minta Ben (adeknya Ony) dan Diana. Enak toh, wali babtisnya om sendiri. Selain karena nggak perlu bribet cari-cari wali babtis lagi (yaelah, Fely si anti bribet), saya dan Ony juga nggak mau asal pilih wali babtis yang nantinya cuma hadir waktu acara babtisan dan namanya mejeng di surat babtis Clairine.

Wali babtis itu opo tah? Itu lho, semacam orang tua rohani, orang yang bakal sering kita ajak share terutama untuk urusan mendidik Clairine secara rohani. Wali babtis ini juga yang bakal diajak konsul atau sharing sama Clairine kalo suatu hari nanti dia pengen curhat curhit urusan rohani.  Wali babtis ini juga yang bakal membantu saya dan Ony mendidik Clairine terutama untuk urusan agama. 



Banyak ya yang ikutan dateng di acara babtisan Clairine. Kalo suatu hari Clairine membaca postingan ini, saya harap Clairine tahu bahwa banyak orang yang peduli dan sayang Clairine. Mereka semua berharap Clairine menjadi anak Katolik sejati yang patuh dan taat kepada Tuhan. (Hiks.... kok saya jadi mewek).

Itu, bayi yang digendong papa mertua saya, sepupunya si Clairine, namanya Christabella. Kalo yang berdiri baju ijo si Jasper, pamannya Clairine. Paman unyil. Hihihihihihi..... Christabella, demen banget megang-megang Clairine. Awalnya, Diana sempat khawatir Clairine bakal dipukul atau ditabok Christa kalo Clairine dideketin ke dia. Yah namanya baby, yah, khan belum ngerti, suka nabok-nabok atau mukul semua benda yang berada di dekatnya. Tapi ternyata si Christa ngerti lho, kalo pegang baby harus lembut. Kalo dideketin Clairine, Christa megangnya takut-takut dan pelan pelan. Hihihihihi....

Toel-toel Clairine.
Kakek neneknya Ony juga bela-belain dateng, lho.
 Huaaaah, rasanya nggak percaya saya sudah menjadi seorang mama dan membabtiskan anak saya di gereja. Rasanya baru kemaren saya berdiri di sebelah mama di gereja untuk menghadiri acara babtisan adik saya yang sekarang udah berusia 17 tahun.

13 comments:

  1. congrats buat baptisannya clairine!!! pinter ya bisa anteng selama baptisan... :)

    ReplyDelete
  2. Time flies ya, Fel.
    Oh gw baru tau kalo acara baptisan itu antri juga ya, Fel. Gw pikir bisa hari ini udah dibook khusus untuk Clairine gitu.

    ReplyDelete
  3. hi congrats buat baptisannya :D lucunya Clairine :D

    ReplyDelete
  4. g juga dari sekarang udah tanya2 si buled, nti yg mau jadi bapak baptis na siapa? ada sih temen baik na dia, cuma kek na baptisannya ga bisa pas sebulanan, karena si istrinya beda sebulan kandungannya ama g, jadi kek na bisa 3 bulanan baru baptisan, gpp sih :D, si buled malah sempet bilang nunggu 1 thn aja wakakaka :D klo mertua sih udah pasti nunggu 1 bln-an lol :D, klo g sendiri cuma pengen pakai Romo yang dulu mau kasih kita berkat pernikahan walo enggak jadi.. tapi g pengen anak klo bisa dia yang baptisin ^^

    ReplyDelete
  5. Congratulationssss! Nama baptisnya apa Fel? Abby jg dibaptis pas dua bulan lebih. Malah lebih enak dibiasain bawa ke gereja dari kecil.

    ReplyDelete
  6. wah selamat ya ce
    anaknya dah dibabtis :mrgreen:
    btw nama baptisnya apa ce? klo bole tw

    ReplyDelete
  7. Selamat yah. Untung bangret deh selama baptisan dia anteng.

    ReplyDelete
  8. Selamat ya! Clairine anteng ya, gak nangis. Baru tahu peran ortu baptis ternyata cukup besar.

    ReplyDelete
  9. Baru tahu Mbak... aku kira baptisan ki dewe-dewe gitu. Trus oiya aku entah kenapa geli sendiri Mbak, liat foto yang sekeluarga. Si Clairinenya ora ketok wkwkwk~

    ReplyDelete
  10. @all: Makasih ya teman-teman. Nama babtisnya Claire: Maria

    ReplyDelete
  11. congratulations! wah nama baptisnya sama denganku:)

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....