Wednesday, November 07, 2012

HEALTHY FOOD

Akhir-akhir ini, tubuh saya mulai menunjukkan gejala soak, teman-temin. Hiks..... Kalo dulu saya kuat begadang 7 hari berturut-turut, sekarang begadang 2 hari aja langsung kepala cenat cenut.  Dulu, muka ini rasanya kenyal kayak ager-ager (serem dong, yah?), la kok sekarang udah mulai ada kerut merut halus di bawah mata. Dan yang paling parah, pundak dan punggung saya suka pegel-pegel kepala langsung cenat cenut nggak karuan kalo saya makan telur puyuh, cumi, duren, dan aneka makanan sumber kolestrol lainnya. Yak yukkkk, koyoknya saya sudah menunjukkan gejala kolestrol. Hahahahaha......

Waktu saya menceritakan hal ini ke mama saya, beliau malah ketawi ngakak. "Lah yo, emang sudah waktunya jaga kesehatan, Fel, lawong umurmu udah kepala tiga. Nggak pernah olah raga pulak. Gimana mau sehat." ngunu katanya.  Hiks....hiks....hiks...... Pengennya saya stay mulus like a twenty girl sekaligus  stay beautiful and enchanting like a thirty flirty bitchy lady. Hahaha.......

Jadi sodara-sodara, berhubung saya sadar kalo saya udah mulai tuwi dan muka udah mulai kerutan, sejak 5 bulan yang lalu saya harus mulai menerapkan pola masak sehat untuk saya dan si Ony. 

Pengennya sih ga makanan goreng-gorengan sama sekali. Bagi saya, hal itu bukan hal yang sulit karena saya udah biasa banget makan tanpa lauk gorengan. Apalagi saya penggemar masakan berkuah. Selama ada kuah, saya mah hajar bleh. Tapi si Ony paling gak bisa kalo makan tanpa pake gorengan. Entah kerupuk, entah tahu goreng, telor goreng, ayam goreng, pokoknya segala sesuatu yang digoreng, deh.

Untuk meminimalkan resiko OD gorengan (wuahahahahahaha.... ada ta orang OD makan gorengan?), saya membiasakan diri menggunakan minyak goreng baru. Paling banter 2 kali pake doang, lah, abis itu saya tega-tegain buang.

Penggunaan minyak kelapa sawit dan minyak wijen (yang katanya termasuk jenis minyak tak jenuh tunggal. Opo tah minyak tak jenuh tunggal itu? Embuh, intinya sih minyak tak jenuh tunggal memiliki pengaruh sedikit pada peningkatan kadar kolestrol dalam darah) pelan-pelan saya ganti dengan minyak biji bunga matahari (yang termasuk minyak tak jenuh ganda dan berpengaruh menurunkan kadar kolestrol dalam darah). 

La trus, itu minyak zaitun ngapain ikutan mejeng di foto? Oh, itu awalnya saya beli karena udah banyak beauty blogger yang sudah membuktikan kalo pemakaian minyak zaitun yang rutin (diusep-usep ke bibir) bisa membuat warna bibir yang hitam welek menjadi pink unyu-unyu gituh. Hihihihihi........ Tapi la kok ini minyak zaitun nggak abis-abis, yah. ya sutra, kadang saya pake buat gantiin minyak wijen.

Udah pada tahu dong manfaat tomat dan wortel? Menurut buku yang saya baca, tomat itu kaya antioksidan dan mencegah penggumpalan darah. Selain kaya antioksidan, wortel baik untuk kesehatan mata dan kulit (itu kata mama saya). Dan yang terpenting, harga wortel dan tomat nggak mihil dibanding buah-buahan lainnya, bok. Sip khan?  Setiap minggu saya pasti membeli 1,5 kg tomat dan 0,5 kg wortel. Wortel dan tomat sebanyak itu harus habis dalam jangka waktu maksimal 10 hari. Sebagian besar saya jus dan diminum tiap hari bareng si Ony. Sisanya saya jadiin campuran masakan, sambal, atau dicemilin.  Kalaupun kami membeli buah-buahan lainnya, biasanya yo nggak rutin dan sekedar selingan saja.

Jangan heran yah, kalo ada yang nanya resep ke saya (walah, GR kamu, Feeeeel. Siapa juga yang nanya resep ke kamu? Wkwkwkwkwk....) pasti takaran bawang putih, bawang goreng, dan bawang bombaynya banyaaaaaaak. Iyo, 3 bahan bumbu itu saya perbanyak karena semua masakan saya nggak pake bumbu penyedap lagi (kecuali kepepet). Masih ada embel-embel kepepet-nya yah? Iya, kalo frustrasi  karena bolak balik nyemplungin bumbu dan icip-icip  tapi rasanya tetep kurang nendang, yo wes akhirnya saya kasih bumbu penyedap atau saus tiram dikit. :p  


Tidak mudah membiasakan diri dengan pola dan bahan makan yang sehat. Saya sendiri juga masih kesulitan dan masih berusaha. Sering ada temen atau saudara yang malah maksa-maksain makanan gak sehat sambil ngemeng, "gak papa, lah. Sekali-sekali ini." Belum lagi temen-temen grup gembal gembul gembil yang dikit-dikit suka ngajakin makan luar. Walah.....  yang namanya lidah, udah kebiasa makan yang enak-enak gitu yah. Begitu ditawarin makan enak langsung melet aja. Wkwkwkwkwk......... Yoh, ga papa wes kalo sekali-sekali. Hahahahaha.....

Paling nyebelin tuh kalo ada juga teman atau saudara, bukannya mendukung malah ngeledekin atau bersikap sinis. Misalnya ketika mereka menawarkan sate telor puyuh kepada saya dan saya jawab, "Nggak mau, takut kolestrol." Eh, bukannya memaklumi tapi malah ngemeng sinis, "Kemenyek! Kalo mau gak kolestrol ya semua makanan harus dipantang juga dong. Wong kamu masih makan daging dan gorengan." Sotoy bener sih kalo daging dan gorengan  tuh penyebab utama  kolestrol, yah? Nyahok lo ye kalo ngrasain kayak saya, maem telor puyuh satu aja langsung mumetz. Hahahahaha....... Ada juga yang ngemeng,"Emang kalo makannya kayak gitu, pasti lebih panjang umur, yah?" Well, walaupun pola dan bahan makanan saya belum 100 persen sehat, tapi setidaknya saya khan sudah memulai pola makan sehat. Iya khan? ^_^ 

Bonus: jimat dari mak Lampir



33 comments:

  1. g skarang eneg ama roti tawar nih, asli tuh roti ga ketelen ama g wakakaka.. saking sering na makan roti tawar, habisnya itu yang paling gampang di stock, dan hidup sehat itu menyenangkan banget lho~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... roti tawar masih sehat lah ya, Pit?

      Delete
  2. hadehhhh..... aku gak mikiri panjang umur deh kalo udah urusan ama kolesterol. udah bisa sembuh dr sakit kepala aja rasanya udah bagus... pusing mumets bisa sampe 24 jam full kalo pas abis makan ngawur trs kolesterolku tinggi :((

    ReplyDelete
  3. Cobain kaldu jamur deh, buat ganti penyedap. Konon lebih sehat daripada saos tirem dan kaldu ayam/sapi, apalagi michin.
    Gw juga berusaha memasak sehat nih, tapi jadi terbatas banget ya jenis masakannya. *hiks*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jamur-jamuran sih g ga pake kaldunya, tapi langsung pake jamurnya. Hihihihihi......

      Delete
  4. kalo gua ya fel, karena ga doyan sayur jadi tiap pagi buah ana sayur dijua hahahaha. ganti2 sih, cuma biasanya nyetok tomat, wortel, strawberry, kalo sayurnya selada, daun kol, dan entah daun2 apalagi. trus ditambahin sedikit susu kental manis hahahaha, biar ga eneg2 banget. pagi minum itu doang uda kenyang ampe siang.

    gua jg lagi berusaha hidup sehat sekalian nurunin berat badan, tapi koq kayaknya susah bener ya. apalagi kebiasaan begadang masih belom bisa ilang nih hahahaha...

    ReplyDelete
  5. hahaha emang kemenyek!!! :P
    udah lama gak denger kata2 kemenyek... hahaha :D

    ReplyDelete
  6. Saleum,
    Sudah sebaiknya kita sekarang mencoba untuk hidup sehat dgn berolahraga ringan setiap pagi. Terkadang kolesterol pun bisa hilang dgn sendirinya bila rutin berolahraga. setidaknya aku sudah merasakan manfaat berolahraga teratur. salam persahabatan dari Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salah kenal, Om. ^_^
      Sebenernya bukan melulu masalah kolestrol sih, Om. tapi lebih ke kesehatan secara umum gitu. :p
      tapi emang bener sih saran si Om, kudu olah raga.

      Delete
  7. bener tuh kata dina, pakai penyedap jamur kabar nya sih lebih ga berbahaya dibanding micin. Tp tetep aja sih jgn pake banyak2 jg soalnya judulnya tetep penyedap rasa ya :)) gue jg belom 100% sehat tp setidaknya udah jauh lebih sehat lah drpd jajan makanan di luar terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bawang nyang banyak, bok. Hihihihihihi.... Bikin rada BB, sih.

      Delete
  8. *manggut manggut* seumuran kita emang udah seharusnya jaga pola makan sehat ya Fel.. *kitaaaa?* :D

    apalagi gue kaga pernah juga olah raga. Olah raganya cuma ngejar2 bocah..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwkwk... ngejer bocah khan juga olah raga, Des.

      Delete
  9. kesadaran gw untuk makan sehat musiman banget nih.. kalo lagi eling ya menghindari segala makanan yang di goreng deep-fried dan ngejus buah/sayur buat makan malem.. brokoli gitu enak kog dijus asal direbus/kukus dulu.. kalo caysim ogah deh..
    tapi seringan sih kaga eling, segala kerupuk & keripik dimakan hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal deep fry itu uenak, lo mem. Hihihihihi....

      Delete
  10. Gue juga doyan bawaaanngggg!! Apalagi kalo bawang putihnya digoreng kering sampe kayak krupuk macem di soto itu... ENAK!! Hihihihi (ga sehat ya?).

    Gue juga kaget kemaren pas cek darah, kolesterol gue naik, padahal gue makannya biasa-biasa aja. Jadi bener deh yg namanya usia pengaruh ke kesehatan kita. Mari hidup sehat! Eh daripada muka yang kayak ager2, mending kita makan ager2. Kan sehat tuh!

    ReplyDelete
  11. Gw sekalinya punya nya olive oil buat menjaga kelembaban kulit. *tsaah..sengak sekali gw yak8
    Emang kalo mo hidup sehat tuh tantangannya banyak banget deh, Fel. jangankan bener-bener hidup sehat. Wong kayak musim hujan gini, gw kan ngurangin makan gorengan. karena gw rentan radang tenggorokan. tapi ya gitu deh...ada aja sengaja makan gorengan depan gw. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olive oil buat kelembaban kulit bijimane, tuh Ndah? dijadiin body lotion?

      Delete
    2. Diolesin langsung, fel. Kulit gw kering banget soalnya.

      Delete
  12. paling kurang fitnya tuh dari makannnan juga kali kan banyak sekarang makannn yang asalbuat langsung jadi makanya banyakin sayuran dari nanam sendiri kalau beli masih pakai zat kimia lohh

    ReplyDelete
  13. Kita memang seharusnya mengkonsumsi makanan sehat ya jeng agar tubuh kita tak mudah terserang penyakit yang berasal dari makanan.
    Terima kasih tipsnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. Gw juga uda CUT down semua goreng2an..kolesterol bo!!! apalagi gw ada genetic kolesterol..ahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, tuh El. G juga sama. Ada genetik kolestrol. Hahahaha

      Delete
  15. gw jd inget sama temen kantor gw, dia SAMA SEKALI gak makan gorengan, jadi semuanya direbuss.. alhasil dia turun sampe 10 kg.. tp abis itu hamil hahahaa...

    ReplyDelete
  16. waduh, pengen seperti anak muda terus yang umurnya dua puluhan ya. ehmmmm... kita ke jepang aja yuk, nemuin doraemon. siapa tau bisa kembali ke masalalu. heheh. btw itu sayang amat minyak gorengnya di pake duakali doang, kalau di sini, wah selama belum habis masih di pake terus. hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha... pokoke selama masih belum berubah warna jadi item bleketek, pake terusssss! Hush!

      Delete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....