Wednesday, October 24, 2012

YAW MAK TAM TUMIS



Ini loh salah satu masakan favoritnya si Ony. Yaw Mak Tam tumis.  
Cara bikinnya gampang buanget.  Sama kayak bikin tumisan sayur sawi itu loh. Kalo saya yang bikin, bumbunya cuma pake bawang putih, garam, gula, jahe, dan sedikit minyak wijen untuk memberi aroma. Ga pake daging ayam atau baso.  Maklum saya paling doyan tumisan ala chinese food, makanya kalo numis sayur selalu pake bawang putih banyak-banyak dan dikecrutin minyak wijen. :p  
Yaw Mak Tam Tumis
Saya sendiri tau ada sayur bernama unyu ini ya dari si Ony. Waktu pergi belanja mingguan di supermarket, si Ony colek-colek sayur ini sambil ngemeng, "Ini enak, lo. Aku suka." 

Bingung lah saya, kok modelnya mirip Romaine Lettuce yang biasa dipake buat bikin salad. Emang bisa yah dimasak? Tapi berhubung Ony bilang udah biasa makan sayur ini di pujasera deket kantornya, yo wes akhirnya saya beli. Dan setelah saya olah dengan kemampuan masak saya yang masih tiarap ini, eh emang enak bok. Sayurnya renyah tapi nggak rasa daun -eh, rasa rumput, eh gitu lah apa istilahnya. Sayur yang belom dimasak itu loh, kan kayak ada rasa rumputnya- kayak sawi. 
 
Ini penampakan Yam Mak Tam yang siap ditumis. Mirip lettuce khan?
Lain kali saya mau coba tumisan Romaine Lettuce, ah. Kali-kali rasanya lebih enak dibanding Yam mak Tam tumis. :p

21 comments:

  1. Ini mirip sawi putih ya ? Apa Selada ?
    Maap gw agak gagap kalo soal dapur. Kalo soal mekap baru deh nyambung. Dikiiit doang sih. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip selada, Ndah.
      Iya, Ndah, g juga ilmu nyayurnya masih jongkok. Untung yah si Ony dikasih makanan apapun jawabnya selalu: "enaaaak." BUkan karena enak beneran, tapi takut gak g masakin lagi keknya. wkwkwkwk

      Delete
  2. Eh, asli, gue kira tadi elu ngecah romaine lettuce hahahaha.. Tapi apa jangan2 itu nama chinesenya romaine lettuce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh dia, Le. Mungkin emang sama ya? Mirip bener soale.

      Delete
  3. jadi...namanya sayuran apa doong Fel..? :p

    ReplyDelete
  4. Hai Fel.. Suka nih liat tulisan lu. Salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Yulia. makasih ya udah berkunjung ke blog ku. >.<

      Delete
  5. karena pada dasarnya ga doyan sayur, jadi kalo numis2 gitu lebih doyan pake daging atau baso atau udang hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihihihi... kalo g karena males ngeluarin daging beku dari kulkas. :p

      Delete
  6. ehm... sayuran segar, ala cina lagi. ehm.... mau mau mau, kirim ya ke saya dong. ane kasih alamatnya dah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihihi, sayurnya keburu loyo Bang kalo dikirim ke Indo

      Delete
    2. yaud, kirim kamunya aja. ntar tinggal di masakin biar lebih fres.. hahaha, sekalian pulang kampung bareng suami.

      Delete
  7. Aku baru pernah baca romaine lettuce dan yaw mak tam di sini :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihihihi... Beti sama aku, un. Aku ngertinya ya baru-baru ini

      Delete
  8. iya mirip... tapi gua emang pada dasarnya kurang paham ama sayur2an... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya to, Man. Mirip. Mungkin bener kata si Leony, Yaw mak Tam itu nama cinanya Romaine Lettuce. :p

      Delete
  9. Sayur ini di rebus sebentar trus makannya dicelupin saus tiram juga enak mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? Boleh-boleh. lain kali kucoba aaah. makasih ya infonya. ^_^

      Delete
  10. "Maklum saya paling doyan tumisan ala chinese food"

    >> mak bagi resepnya mak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. resep opo, Tyk. Kayak tumisan biasa, bawangnya yang banyak, kasi jahe, pas mau mateng kecrutin minyak wijen. gitu doang

      Delete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....