Saturday, October 27, 2012

KULINER: Nasi Kandar Pelita Jaya

Halo teman-temin! Selamat Idul Adha!!!!! 

Enak bener ya kalo hari libur keagamaan pas hari Jumat kayak kemaren. Weekend-nya jadi panjoaaaang. Sip...sip.... yang mudik yang mudik!!!! Yang mau shopping ke sinciepoooooh!!!! Saya dan Ony dong, kaga kemana-mana. Soalnya Ony tetep masuk kerja full time kalo hari Sabtu. Cacian deh.

Trus libur sehari doang ngapain, Fel? Nggak ngapa-ngapain, cuman males-malesan di rumah. Seharian leyeh-leyeh dan maen Crystal Legacy doang sama si Ony. Hehehehehe..... Oh iya, kemaren sore kami berdua nyempetin diri dinner di salah satu restoran yang emang udah kita incer dari lama, yaitu restoran Nasi Kandar Pelita, yang kata si Ony emang terkenal enak. >.<

Restoran Nasi Kandar Pelita. Buka 24 jam!!!
Nasi kandar itu opo toh? Ehm..... makanan khas Malaysia yang kurang lebih sama lah kayak nasi Padang-nya Indonesia. 
bagian atas untuk display sayur, bagian bawah untuk display daging
Cara jualnya pun sama dengan warung nasi Padang di Indonesia. Kita diambilin nasi, trus tinggal tunjuk lauk apa aja yang mau dipesen. Ntar penjualnya yang ngambilin. 


 
Sebelah kiri, pesenannya si Ony: Sotong (ga tauk dimasak apa tuh), daging sapi (bumbunya mirip bumbu rendang), dan tumis taoge. Pesenannya Ony disirem-sirem pake kuah dari beberapa masakan lain. Persis kayak kalo kita pesen nasi di warung padang, ya to? Trus Ony juga dapet free kerupuk puli. Si Ony kalap!!!! Pesen lauk ini itu sampe nasinya gak keliatan. Yiahh!!!!!
Sebelah kanan pesenan saya: sayur apa dah ga tauk apa namanya. Pokoknya enak, gurih, dan renyah. Biar berasa kayak ikutan merayakan Idul Adha, makanya saya pesen dagingnya daging kambing. :p Dimasak ala rendang juga. 

Setelah diambilin nasi dan lauk, saya dan Ony memilih tempat duduk dan menyantap pesenan masing-masing. Daging kambingnya empuk dan nggak bauk lebus. Sotong dan beefnya Ony juga gurih dan empuk. Enyak! Sumpah!!! kalo dibilang mirip nasi Padang, ehm.... ya emang mirip sih. Tapi rada-rada beda, bok, yang ini lebih gimana gitu, ada cita rasa khas Indihe-nya. Yang paling bikin saya pengen garuk-garuk lidah tuh, semua masakannya ga ada yang pedes dan mereka ga nyediain sambal. Arg!!!! Makan ginian ga pake acara mewek dan ingusan kok rasanya kurang nendang gitu yah. Hahahahahaha.....

Belum juga 5 menit, udah ada 3 waiter yang nyamperin kami untuk nanyain minuman yang mau kami pesen. Berhubung mereka nggak jual minuman favorit saya (ang mokana!!!!!), ya sutra lah saya pesen limau ice (kalo kita ngemengnya: es jeruk).

Sambil makan, saya sempet tolah toleh merhatiin waiter yang mondar mandir ngelayanin pengunjung. Kebanyakan waiternya orang Indihe, bok. Bagus nih pelayanan restorannya. Nggak cuma cepet dan tanggap sama pembeli, tapi mereka lumayan komunikatif sama pengunjung. Di belakang Ony ada waiter Indihe yang lagi ketawa ketiwi ngrumpi ama pembeli. Trus di sebelah meja tempat saya makan, ada waiter Melayu yang lagi colek-colek anak kecil seumuran Emma-nya Arman, nanyain sambil ngegoda dia mau pesen minum apa. Jadi curigong, saya. Itu waiter lagi nanyain pesenan minum atau lagi melakukan pelecehan seksual, sih. Kok anak kecilnya malu-malu sambil nutupin muka pake tangan gitu. Wahahahahaha.......  


Ada tulisan 'terima kasih' di bagian dasar piringnya.

Norak bambang, piring kosong juga difoto. Hihihihihi....habis saya tertarik. Biasanya khan tulisan terima kasih dicetak di serbet, tempat tissue, atau apa gitu. Jadi kita ngebaca tulisan itu biasanya sambil celingak celinguk bengong nunggu makanan pesenan dateng. Kalo ini baca tulisan terima kasih-nya sambil usep-usep perut yang mlembung karena kekenyangan. :p  

Sehabis makan, baru deh kita ngacir ke konter kasir buat bayar makanan yang udah kita gasak tadi. Saya jadi mikir, kalo lagi rame dan waiternya pada sibuk, ada nggak ya pembeli yang langsung ngloyor pergi sebelum bayar? Ehm, ga mungkin, denk. Soalnya waiternya banyaaaaaak. 

Mas kasirnya senyum-senyum malu ga mau difoto.
Tebak, berapa duit yang kami habiskan untuk 2 piring nasi Kandar dan 2 gelas limau Ice?  26,3 MYR. kalo 1 MYR dianggep 3.000 rupiah, berarti habisnya 78.900 rupiah. Maaaak, kalo duit segitu mah bisa dipake nraktir 8 orang buat makan di warung nasi Padang di Malang, dong yah? Hahahahaha.......yaaaaah, jangan bandingin sama warung nasi Padang, bok. Bandinginnya sama restoran nasi Padang kali yah?




34 komentar:

  1. yo nek mangane nang resto Padang Sederhana (yg harganya tak sederhana, *sigh*), yo berdua habise ndak mungkin kurang dr 50rebu juga sih fel, wkwkwk. padahal iku ngombene wes teh tawar anget gratisan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huakakakaka.... bener, Tyk. tapi kalo di Sederhana khan lauknya digelar berjentrek-jentrek di depan mata kita. Jadi lebih eksklusif ngunu. Kalo ini khan cara ngelayaninnya kayak warung naspad, nggak pake pagelaran. Hihihihihihi

      Delete
    2. wah piringnya "bersih" tak bersisa. Hhihieiheiheiheiheiee

      Delete
  2. Kunjungan perdana :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)

    klo boleh skalian follow blogq y nnti ak folback.

    ReplyDelete
  3. Terlihat sedap dan lumayan juga ya harganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan yah kalo dibanding warung naspad? Hihihihihi....
      Tp worth it lah

      Delete
    2. lumayan yah kalo dibanding warung naspad? Hihihihihi....
      Tp worth it lah

      Delete
  4. Jiah ibaratnya neh nasi padang bukanlah nasi padang yang sesungguhnya tanpa sambel ijonya yg wuenak. Lah kalo makanan kek nasi padang ngga pake pedes kek gimana ntuh? Nggak nendang tuh emang hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya Fre, bikin pengen garuk2 lidah!!!!!!

      Delete
  5. 26,3 MYR dapat 2 piring nasi + 2 ucapan terima kasih + nyawang pelayan + ambil foto...

    ReplyDelete
  6. Kok nggak ada fotonya Pak Kandar Mbak?
    Dia kan yg punya Nasi

    ReplyDelete
  7. jadi laper gua fel!!! jadi kangen ama nasi padang.... hahaha.
    eh kalo makan nasi padang nya di sari ratu di indo juga mahal lho. gua inget tuh terakhir kali makan nasi padang sebelum pindah kemari, masa cuma makan nasi ama ayam pop ama gulai kikil udah abis 50rb sendiri. huahahaha...

    btw iseng banget lu motretin pelayannya segala. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. G bilang termasuk murah sih, man kalo dibandingin resto padang di Indo. Tapi kalo dibandingin warung naspad ya mihil. Hihihihi...... Soalnya dia rada ga jelas juga sih. Pelayanan, resto, dll nya sih sekelas resto naspad, ya. Tapi kalo liat kebersihannya, cara nyajiin makanan, dll kok lebih ke warung. :p

      Delete
  8. bauk lebus itu apa fel? sial g jadi laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunuh, makan kambing tiap ari. Dijamin u bauk lebus, Sar. Hihihihi

      Delete
  9. Ehhhhh... Murah loh itu! Kata gue sih murahhhh... Bener, lu kudu bandinginnya sama Restoran dong. Lu udah pernah makan Sari Ratu/ Sari Bundo kan? Itu sepiring at least gue habis 50 ribu. Timun aja di charge! Hahahahaha....

    Gue sih doyan nasi Kandar.. tapi gue biasa minta upgrade nasinya jadi Briyani... nyammmm... Pas terakhir gue makan Nasi Kandar, murus2 sampe 2 hari hahaha. Gpp deh, worth it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahahaha..... ngapain pake acara murus2 segala lo, Le?

      Delete
  10. aduh itu coba ya cumi sotongnyaah...menggiurkan bangeet..*nelen ludah* :D
    btw itu restonya 24 jam, rame terus ya Fel..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. g lewat beberapa kali. pagi, siang, sore, malem. rame terus sih, Des. Entah kalo malem banget atau subuh, ye

      Delete
  11. ampir 80 ribu buat berdua kalau enak sepadan lah ya, fel. piringnya unik banget ya ada tulisannya. berarti kalau makanannya gak diabisin=tidak terima kasih, hahaha :D

    ReplyDelete
  12. mahal juga ya, tapi lebih mahal lagi ongkos ke malaisia kalau harus makan nasi itu. ehm.. ga bisa nyelonongya, biarin aja cuek walaupun waiternya banyak. pura pura ga tau aja. hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hush, ngawur ae. Besoknya g kualat mencret2 gara-gara makan ga bayar, dong? :p

      Delete
  13. dr rasa enakan mana sm nasi padang :D

    ReplyDelete
  14. jadi pengen makan masakan padang :( :D

    ReplyDelete
  15. Nasi Kandar apa sama dengan Nasi Ayamnya yang pernah saya icip icip di Kuala Lumpur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo nasi Ayam, saya belum pernah nyobain. ^^

      Delete
  16. Ini menunya kok masih Nasi Kandar terus?
    Kapan ganti menu?

    ReplyDelete
  17. met sore mbk,., slm knal'y mbk dari kami.,., kpn2 mmpir mbk

    ReplyDelete
  18. Hahahaha.... Tulisan yang sangat menarik. Salam kenal ya. Kebetulan saya sedang mencari tau tentang si nasi kandar ini. Oalaaah ternyata mirip nasi padang tapi dengan rasa kari yang lebih kuat. Ditunggu tulisan2 berikutnya

    ReplyDelete
  19. sumpahhh nasi kandar itu enak bgt...saya sudah 6 kali bulak balik KL nasi kandar pelita deket klcc......ayam kecap sama sayur kolnya makkkkk nyosssssssss...tambah es teh tarikkkk.....

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....