Tuesday, May 22, 2012

MERICA DALAM SUP MERAH

Alkisah, selama di Malaysia g demen banget masak pake bebumbuan berbentuk bubuk. Dari gula, garam, bumbu instant, merica, lada hitam (ya iya lah.... secara di mana-mana juga orang biasa pake merica dan garam bubuk) sampe lengkuas, jinten, kunyit, dkk.

Selain karena praktis, ga pake acara ulek-ulek, food processor, dkk, juga lebih awet dan tahan lama. Bumbu-bumbu yang g sebut terakhir tuh g bawa langsung dari Indo. Waktu mau berangkat ke Malaysia pertama kali dulu, g pikir, kayaknya awal-awal tinggal di Malaysia g pasti kesulitan cari bumbu-bumbu Indo, deh. Makanya g bawa bumbu-bumbu bubuk itu.

Dan emang bener sih, sampe sekarangpun g kesulitan nemu lengkuas, jinten, dan kunyit. Sebenernya ga sulit nemuin aneka rempah-rempah di supermarket atau toko, secara di sini banyak orang India yang kalo masak juga pake aneka rempah-rempah. Tapi berhubung nama yang tertera di rak supermarket pake bahasa India, g tetep kaga mudeng!!!! T_T 

Dulu, mama g ngajarin, supaya masakan g ga kebanyakan atau kekurangan bumbu, g kudu bikin patokan takaran berdasarkan pengalaman masak dan taste g sendiri. kalo udah sreg dan nemu formulanya, khan enak. Ga usah kebanyakan acara incip-incip.  Contoh nih, setelah g perhatiin beberapa kali masak, g paling sreg kalo sup dengan kapasitas 2 liter tuh dikasi garem 1 sendok teh. Nah, takaran ini g pake buat masak sup apapun, pokoknya kalo aernya 2 liter, garamnya 1 sendok teh.

Well, awalnya g nurut sama ajaran mama g. Tapi setelah mulai terbiasa masak, g jadi males pake takar-takaran begonoh. Kesannya ga keren aja gitu. Hihihihihi..... Coba liat acara-acara masak di tivi, chef-nya lebih keren deh kalo masaknya langsung srut-srut masukin bumbu ke wajan seenak udel daripada chef yang nyendok-nyendok bumbu dulu. Apalagi kalo bumbunya ditaker di mangkuk-mangkuk tersendiri... olala.... kalo itu bukannya ga keren sih, tapi nambah-nambahin cucian piring. 

Terinspirasi dari chef-chef keren di tivi dan tukang duk-duk (tu loh, penjual nasi mawut dan nasi goreng klilingan yang biasa ngiter-ngiter di kompleks sambil pukul-pukul kentongan gede 'duk...duk...') yang jual di deket rumah g, G seneng masukin bumbu seenak feeling g aja. Kadang g jumput pake tangan, kadang d sor-sor langsung ke masakan, kadang g tuang ke telapak tangan baru g masukin ke masakan g. 

Acara cemplung-cemplung bumbu makin kerasa keren aja kalo yang dimasak tumisan pake api gede. Secara masaknya khan ga boleh lama supaya sayurnya ga terlalu layu, jadi masukin bumbunya kudu cepet dan pake gaya-gaya dikit. Ciat! Sret sret sret!!!! Uhuy!!!! That's why I feel sexy when I was in my kitchen. *ga nyambung banget, sih. 

3 hari lalu, g masakin Ony sup merah. Dari minggu lalu dia emang udah ngrengek-ngrengek pengen dibikinin sup merah. Cuma berhubung bahannya belom lengkap dan kita belom sempat ke supermarket, jadilah masak sup merah-nya baru 3 hari lalu. 

As usual, setelah sup merah hampir matang, g mulai masukin aneka bumbu-bumbu perasa macam garam, gula, dan merica. Hooh, g emang biasa masukin bumbu perasa kalo masakan udah hampir mateng. Tu ajaran mama g juga, loh. Mama bilang, supaya taste nya kuat, ga kebanyakan rasa akibat air yang menguap, dan baunya harum, masukin bebumbuan jenis perasa kudu akhir-akhir menjelang masakan mateng. :p   Dan as usual juga, g banyak gaya, masukin bumbunya cepet-cepet. padahal sop merah mah kaga bakalan gosong ye walopun masukin bumbunya dilama-lamain. Wahahahaha..... 

Kalo chef-chef di tivi dan mama g, biasanya kaga pake acara ngincip masakan, langsung pede aja menghidangkan masakan ke audiece atau ke testernya, ya. Tapi g yang notabene masih ecek-ecek dan baru terbiasa masak sejak merit, ga pede lah kalo menghidangkan masakan tanpa acara incip-incip dulu. Apalagi acara masukin bumbunya seenak jidat. Entah mengapa, setiap kali incip-incip masakan g sendiri, pasti ada aja yang kurang. Kurang asin lah, kurang manis lah, ada aja lah pokoknya. Dan anehnya, setelah g tambahin bumbu perasa, masakan g malah jadi keasinan atau kemanisan.

Mama g bilang, itu karena g sendiri ga pede sama masakan g. Makanya tiap ngincip, selalu ngrasa ada yang kurang padahal enggak. Selain itu incip-incip tuh kadang ga valid juga, karena kita nyobain masakannya dikit doang dan dalam kondisi panas banget. Semakin tinggi atau rendah suhu makanan, perasanya emang harus kuat untuk mengimbangi suhu makanannya. 

Back to cerita sup merah, waktu g incip, ternyata rasa merica-nya ga krasa sama sekali. jadi lah g tambah merica lagi. Waktu diincip ulang, teteup, ga krasa merica sama sekali tuh. Walopun g ngrasa udah nuangin merica banyak-banyak,  tetep sup merah g kaga krasa merica-nya. Waktu itu g ga ngrasa aneh atau apa sih, wajar butuh merica banyak kali ya, soalnya g bikinnya sepanci gede.  G tambahin merica banyak-banyak terakhir kalinya sebelum g hidangin sup merah g. kaga g incip lagi. 

 Dan sodara-sodari, kemaren g baru sadar kalo waktu masak sup merah, yang g tuangin tuh bukan merica, tapi lengkuas! Yes! Itu juga karena Ony bantu g bersih-bersih kotak bumbu g dan komen, "Yank, lengkuas itu apa, sih? Bentuknya mirip sama merica ya." 

Olala...... iya sih, g perhatiin emang mirip. Walopun g kebangetan juga ya, jelas-jelas botolnya beda jauh, kenapa bisa ketuker waktu ngambil yah? Untung sup merah g kaga kerasa aneh. Cuma kerasa kurang merica doang. :p 

10 komentar:

  1. sup merah itu , sup merah khas surabaya/kediri bukan sih ?! hehehehe :)

    ReplyDelete
  2. Entahlah. Kayaknya asli Belanda, deh Pit.

    ReplyDelete
  3. Sop merah itu sop kacang yang ala Blande ya? Yang pake tomat banyak itu kan ? Bruine bonnen atau apaaa gitu namanya. Or gue salah ya? Pokoknya seger2 gitu deh...

    ReplyDelete
  4. doh gw 4 tahun jadi istri orang kagak pernah bikin sop :P
    tapi jangan mau ketipu chef-chef di tipi ah, kayaknya serba gampang kalo mereka yang bikin.
    trik kamera itu pastinya.

    ReplyDelete
  5. baca ini mendadak laper gue, ada yang mau ngasih gue makanan gak ya?
    *Ngelirik sup merah* ha ha
    aslam kenal ya..

    ReplyDelete
  6. haha..lain kali perhatiin sebelum nuangin bumbu^^

    ReplyDelete
  7. hai, salam kenal :)

    aku juga pernah tuh masak salah nuang bumbu...hahaha. maklum, pemula banget sih..hehehe. untung rasanya masih bisa disamarkan...ckckckck...

    ReplyDelete
  8. yang penting masih bisa dimakan, ya... hehehe :)

    ReplyDelete
  9. gw juga kalo masak kebanyak icip2nya, ntar kurang ini lah ntar kurang itu lah, hihihi
    Etapi gw akan coba trik masukin bumbu pas masakan udah mau mateng ahh.. TFS ya jeng.. :D

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....