Wednesday, August 10, 2011

SAHUR CALL

Sudah 30 kali lebaran saya lewatin.  Walopun saya bukan muslim, saya juga ikutan merasakan antusiasme sahabat-sahabat muslim di tanah air. (ya iya, wong g belom pernah mabur ke luar negri. T_T) Ikutan heboh nyiapin takjil pas masih kerja di Hypermart, hunting diskonan baju sepatu dan sembako, ikutan acara bukber di kantor, ikutan puasa (karena warung-warung pada tutup pas hari pertama lebaran T_T), daaaaaan ikutan dibangunin waktu sahur. Xixixixi...... 

Aneka panggilan sahur yang pernah saya dengerin:

1. Anak-anak kecil dan remaja pada ngumpul trus mereka keliling kampung sambil dung plang dung plang mainin alat musik dapur sambil nyanyi-nyanyi dengan nada ga jelas tapi serempak, "Sahuuur..... sahur....... Sahuuur........ sahur......." Lucu sih sebenernya. 

Tapi saya suka sebel banget, pas di depan rumah lain mereka nyanyinya biasa aja, tapi pas di sepanjang tembok rumah papa saya (rumah papa saya ngadep jalan raya, tapi tembok rumah ngadep gang. Panjangnya lumayan lah, 20 meteran) mereka nyanyi 3 kali lipat lebih kenceng dan bunyiin alat musik mereka dengan 3 kali lipat lebih kenceng pula. Nggak cuma itu, mereka juga nglemparin mercon ke tembok rumah. Keknya mereka pake mercon yang gede deh, soalnya kaca rumah sampe geter gitu. T_T Hal itu terjadi dari jaman saya baru lahir ampe SMA. Kata mama, waktu saya masih bayi, mereka ga bakalan pindah tempat atau brenti mainin alat musik mereka kalo mereka blom denger saya nangis kenceng. Biasanya abis nangis saya muntah2. Dan mereka kayak ketawa-ketawa seneng kalo denger suara tangis bayi. 

Makanya saya agak phobia ama tabuhannya barongsai, soalnya mirip2 dung plang dung plang sahur. Kalo denger suara gituan saya langsung berdebar2 dan mengeluarkan keringat dingin.
 
2. Thx God, keknya budaya keliling kampung sambil nyanyi-nyanyi sudah ga ada lagi di kampung itu. Mungkin karena mereka capek keliling kampung dan udah ga boleh keliaran di jalan subuh2 ama orang tua masing-masing ya. Hihihihihi.... Dung plang dung plang diganti sama suara pak RT jejeritan di langgar. :p Gini ngomongnya, "Sahuuuurrr.... sahur.....sahuuuur.... sahur....." Tetep pake lagu old version ya pak? Hihihihi......

3. Kalo di rumah mertua saya, 'operator' langgar bangununin sahurnya ga nyanyi, tapi pidato gitu. "Selamat pagi bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek. Saatnya kita sahur. Mari kita sahur. bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek. Sahuuurrr.... sahuuuurrr.... bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek, selamat pagi."

4. SMS sahur. Entah kenapa, tiap tahun selalu ada yang ngirim SMS sahur ke hape saya. :p 

5. Ibu kos saya sewaktu saya masih tinggal di Tangerang baek bangeeeet. Pas jam sahur suka ketok-ketok kamar saya sambil bawain makanan. Nyang ini nih yang saya demen bangueeeet. :p Saya jadi ikutan sahur walopun ga ikutan puasa. Alhasil, temen-temen muslim turun berat badan selama ramadhan, saya  malah naik 4 kilo. Bagoooos!!!

Minus dung plang dung plang serem yang saya ceritain tadi, saya suka banget suasana lebaran (di kota manapun saya berada). ^_^ Rasanya semua jadi bersemangat, aura positif (dan aura belanja) di sekitar saya juga meningkat. Semua orang berlomba-lomba berbuat baek, menjaga sikap, dan berpakaian sopan. Cobaaaa di masa puasa ada 12 bulan dalam 1 tahun gitu ya.  

Di akhir posting ini, saya pengen ngucapin selamat menjalankan ibadah puasa buat temen-temen blogger yang beragama Islam. ^_^  

4 komentar:

  1. gua juga, walaupun bukan muslim, tapi suka ama bulan puasa dan lebaran. suasananya beda rasanya. apalagi kalo udah mau lebaran, gua suka banget denger suara takbir. hahaha.

    ReplyDelete
  2. Gue suka lebaran di Jakarta.... Soalnya: AKHIRNYA GUE BISA NYETIR TANPA MACETTTT !! heheheheheh!! HORE!!!

    Eh iya, pas seminggu seblm puasa kemarin, mesjid deket rumah ngetest TOA baru. Gak tanggung2!! 1 jam per hari!! tiap jam 4-5. Tiap jam segitu, gue kepaksa pindah dari kamar gue di atas, ke kamar nyokap di bawah.

    ReplyDelete
  3. g juga bukan muslim, tapi bulan puasa itu sangat di tunggu2 ama g, apa lagi kalo bukan makanan buka puasanya ahhaa, suasana sepinya jalanan, dll yang menyenangkan. Ga menyenangkannya bulan puasa, maling, rampok, garong dimana - mana hiks.. dan selama g jadi anak kost, tiap kali udah mau deket lebaran, sepatu g yang udah hampir 1 tahun di luar kamar baik2 aja, mendadak ilangg! selama g kost udah ilang 3 pasang, baju pun kadang ada yang ilang, sampe g kudu catetin, itu aja yang g enggak suka :) hihhi~
    selamat menunaikan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
  4. Iya neh disini sepiiii he he he. Iya lho meskipun gw bukan Muslim, seneng gitu denger yg takbiran meskipun volume loud speakernya kayaknya di pollll-in banget. Atmospherenya beda....

    ReplyDelete

Komenmu membuatku makin semangat menulis. Sungguh.....